Kelembutan Nabi Muhammad SAW Menghadapi Anak-anak

Orangtua yang terbiasa bersikap lembut dalam mendidik anak, maka akan membuat anak memiliki pribadi yang hangat.

Mutia
| 12 September 2017 10:07

Dream - Menjadi seorang ayah merupakan tanggung jawab yang besar. Bukan hanya sekedar pencari nafkah utama, tapi juga menjadi contoh akhlak yang baik untuk anak dan istrinya. Ayah selama ini cenderung diidentikan sebagai sosok yang tegas dan berwibawa.

Satu hal yang sebenarnya dicontohkan Nabi Muhammad SAW saat menjadi ayah dan pelindung anak-anak adalah kelembutan. Salah satu kunci untuk akrab dan dekat dengan anak adalah sifat lembut.

Orangtua yang terbiasa bersikap lembut dalam mendidik anak, maka akan membuat anak memiliki pribadi yang hangat, bersikap hati-hati dan tidak berperangai keras lagi kasar.

Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam telah mencontohkan kepada kita bagaimana bergaul dan berinteraksi dengan anak kecil yang didasari rasa kasih sayang yang tulus. Anas menegaskan :

“ Rasulullah adalah orang yang paling penyayang kepada anak-anak dan keluarga”. ( Hadits shohih riwayat Ibnu Asakir, Shahih Al-Jami’ no. 4797 ).

Ibnu Abbas menuturkan, “ Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam mengunjungi kaum Anshar lalu memberi salam kepada anak-anak mereka serta membelai kepala mereka.” ( HR. An-Nasai, dishohihkan Al – Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 4947 )

Kedekatan beliau dengan anak-anak tetap tidak menghalangi untuk menyampaikan nasehat dan bimbingan ketika anak-anak melakukan kesalahan. Umar bin Abi Salamah bercerita,

“ Dulu aku adalah bocah yang berada dalam pengasuhan Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam”, Suatu ketika, tanganku berseliweran diatas nampan, maka Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bersabda kepadaku : Ananda bacalah Bismillah, gunakan tangan kananmu dan makanlah makanan yang paling dekat denganmu!” ( HR. Bukhari dan Muslim).

Selengkapnya baca di sini.

Sumber: Muslimah.or.id

 

Topik Terkait :

Drama 'Papa' Setnov - KKB Papua beraksi

Jangan Lewatkan