3 Kunci Mendasar Mendidik Anak dalam Islam

Pendidikan yang diberikan kepada anak atas dasar nilai-nilai dalam agama islam yang terdapat dalam Alqur’an dan hadits.

Mutia Nugraheni
| 18 Agustus 2017 16:06

Dream - Diberikan keturunan setelah menikah tentunya jadi dambaan dari seluruh pasangan muslim. Anak bisa dibilang rezeki dan juga merupakan amanat dari Allah SWT yang perlu dijaga hingga usianya baligh. Bahkan hingga anak berkeluarga orangtua tak ada hentinya memberikan doa-doa agar kehidupan anak selalau dalam lindungan Allah SWT.

Pendidikan bagi anak amatlah penting karena anak dalam proses perkembangannya akan selalu belajar dan menyerap hal-hal baru yang ia dapatkan dari orangtua dan lingkungannya. Agar dapat membentuk karakter anak yang baik dan soleh atau solehah maka orangtua harus menanamkan pendidikan islam sejak dini.

Pendidikan islam yang dimaksud adalah pendidikan yang diberikan kepada anak atas dasar nilai-nilai dalam agama islam yang terdapat dalam Alqur’an dan hadits. Untuk itu, seperti dikutip dari DalamIslam.com ada 2 kunci mendasar dalam hal mendidik anak.

Pendidikan aqidah
Pendidikan aqidah merupakan pendidikan untuk menanamkan ketauhidan pada anak. Pada masa perkembangannya orangtua akan senantiasa menanamkan bahwa tidak ada Tuhan lain yang patut disembah selain Allah SWT dan menyekutukan Allah SWT adalah suatu dosa besar. Pendidikan aqidah adalah salah satu upaya untuk menanamkan iman dalam diri anak sejak dini.

Pendidikan ibadah
Pendidikan ibadah pada anak ditanamkan dengan cara mengajarkan anak untuk melaksanakan salat berjamaah dan salat tepat waktu serta mengajarkan anak untuk membaca Alqur’an, berpuasa di bulan ramadhan berzakat maupun ibadah lainnya. Orangtua juga memberikan pengertian pada anak tentang pentingnya atau keutamaan ibadah-ibadah yang dilaksanakannya tersebut.

Pendidikan akhlak
Pendidikan akhlak adalah pendidikan yang menanmkan moral kepada anak agar anak tumbuh menjadi pribadi yang baik, sopan, jujur, bertanggung jawab, ikhlas, serta memiliki sifat sifat mulia lainnya. Memang tidaklah mudah untuk menanamkan pendidikan akhlak dalam waktu singkat namun dengan konsistensi dan kesabaran serta menggunakan beberapa metode, orangtua akan mampu membentuk karakter anak yang mulia tersebut.

Selengkapnya baca di sini

 

Sumber: DalamIslam.com

 

Topik Terkait :

Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak

Jangan Lewatkan