Permainan Seru Agar Si Kecil Lebih Lancar Bicara

Pada anak-anak yang bermasalah saat mengunyah makanan keras atau sulit berbicara, disarankan untuk diberikan stimulasi motorik oral secara teratur.

Mutia Nugraheni
| 13 April 2017 17:59

Dream - Perkembangan motorik oral sama seperti kemampuan motorik lainnya penting untuk selalu distimulasi. Motorik oral ini kemampuan anak untuk mengunyah dan berbicara. Meliputi kegunaan dan fungsi dari bibir, lidah, rahang, gigi, dan palatal keras dan lunak.

Pada anak-anak yang bermasalah saat mengunyah makanan keras atau sulit berbicara, mengalami speech delay sangat disarankan untuk diberikan stimulasi motorik oral secara teratur. Seperti 'senam' bibir dan lidah.

Selain itu ada juga permainan yang mestimulasi motorik oral anak secara maksimal. Yaitu permainan meniup bola-bola kertas. Caranya sangat mudah, siapkan gelas kertas dan karton bekas gulungan tisu lalu sambung menggunakan selotip.

Jadikan sambungan tersebut sebagai alat tiup. Biarkan anak meniup bola-bola kertas hingga habis. Permainan lainnya seperti busa sabun juga sangat baik untuk melatih motorik oral.


Sumber: The Dad Lab

 

Summer Style 2019

Jangan Lewatkan