Waspada 3 Kebiasaan Buruk Mengasuh Anak, Dampaknya Jangka Panjang

Ada kalanya orangtua kurang sabar menghadapi anak atau malah sebaliknya, sangat memanjakan.

Mutia Nugraheni
| 4 Juni 2021 12:03

Dream - Hadirnya anak dalam keluarga membuat ayah dan ibu jadi memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Tiap orangtua pasti berusaha mendidik anak dengan baik, namun tak ada orang yang sempurna, bukan?

Ada kalanya orangtua kurang sabar menghadapi anak atau malah sebaliknya, sangat memanjakan. Penting bagi orangtua untuk selalu belajar dalam hal pengasuhan. Pasalnya, kesalahan mendidik anak seringkali memberikan dampak jangka panjang dalam diri mereka. Bisa menimbulkan trauma atau malah menumpulkan rasa tanggung jawab karena kelewat dimanja.

Ada tiga kesalahan umum yang dilakukan orangtua dan bisa berdampak pada kesehatan mental anak. Daniel S. Lobel, Ph.D., pakar pengasuhan anak, menjelaskan bahwa banyak orangtua melakukan kesalahan dengan keyakinan bahwa mereka bisa membantu anak-anak mereka. Apa saja kesalahan tersebut?

Kesalahan pertama adalah tidak meminta pertanggungjawaban anak atas pilihan dan perilaku mereka. Hal ini biasanya dilakukan karena orangtua ingin memastikan anak merasa nyaman dan tak mau anak mengalami pengalaman negatif.

Contoh yang sering terjadi adalah saat anak menginginkan sesuatu, mereka mendapatkannya, lalu kemudian tidak menginginkannya. Dalam banyak kasus, orangtua akan mengganti barang itu daripada menggunakan kesempatan tersebut sebagai momen untuk mengajari anak.

 

Selanjutnya :

Hindari Juga Dua Hal Ini

BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki

Jangan Lewatkan