Waktu yang Sangat Dianjurkan Memberi Nama Anak

Terdapat tiga alternatif waktu terbaik memberikan nama untuk anak.

Mutia
| 12 Februari 2018 10:02

Dream - Saat diketahui di dalam rahim terdapat buah hati titipan Allah SWT, pasti segala persiapan dilakukan. Salah satunya menyiapkan nama. Dalam Islam dianjurkan untuk memberi nama-nama yang memiliki arti baik, karena merupakan bagian dari doa serta pengharapan orangtua.

Untuk memberi nama ini, meskipun sudah disiapkan jauh-jauh hari, sebenarnya ada waktu terbaik yang disunahkan Rasullullah SAW. Seperti dikutip dari Muslimah.or.id, terdapat tiga alternatif waktu memberikan nama untuk anak yaitu di hari lahir sang anak, sampai hari ke tiga kelahiran, lalu hari ke tujuh kelahiran.

Perbedaan ini adalah perbedaan yang sifatnya variatif, dan menunjukkan bahwa dalam hal ini terdapat kelonggaran (dalam syariat), alhamdulillah.” (Tasmiyatul Mauluud, 1/21). Ibnul Qayyim rahimahullahu Ta’ala berkata:

 Ibnul Qayyim

“ Boleh untuk memberi nama pada hari kelahiran, dan boleh mengakhirkannya sampai tiga hari dan sampai hari ‘aqiqah (hari ke tujuh). Dan boleh (juga) sebelum itu dan setelahnya. Perkara ini adalah perkara yang lapang.” (Tuhfatul Mauduud, 1/111).

Terdapat sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Samurah bin Jundab radhiyallahu anhu yang menunjukkan dianjurkannya memberi nama pada hari ke tujuh kelahiran. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

 Hadis memberi nama anak


“ Setiap anak tergadai dengan ‘aqiqahnya. Disembelih hewan aqiqah untuknya pada hari ke tujuh, (kepala) digundul (pelontos) dan diberi nama” (HR. Abu Dawud no. 2838, Tirmidzi no. 1522 dan An-Nasa’i 7/166 dan Ibnu Majah no. 3165, shahih).

Selengkapnya baca di sini

Topik Terkait :

Q&A Marcello Tahitoe - Sampah Sampah Dunia Maya

Jangan Lewatkan