Wah, Perusahaan Ini Terapkan Cuti Ayah Selama 2 Bulan

Penting bagi ayah untuk hadir sepenuhnya dalam keluarga.

Mutia Nugraheni
| 15 Februari 2021 14:03

Bekerja dengan Lebih Fleksibel

P&G juga telah menerapkan beberapa kebijakan dan memberi dukungan dalam menerapkan kesetaraan dan inklusifitas para karyawannya. Antara laun cuti melahirkan berbayar dari 3,5 bulan dengan opsi memperpanjang hingga 6,5 bulan, penyediaan ruang laktasi yang layak, menyediakan tempat penitipan bayi di tempat kerja untuk memberikan pengaturan yang lebih mudah bagi para orangtua bekerja. 

Ada juga Lollyland yakni pop up day care setiap tahun selama pra dan pasca musim Lebaran untuk mengakomodasi kebutuhan karyawan selama absen bantuan para pekerja rumah tangga / perawat di musim Lebaran.

Dampak positif diberlakukannya cuti Ayah dirasakan langsung oleh salah satu karyawan P&G Muhammad Farhan selaku Jakarta Plant Fabric Care Operation Department Leader. Pada bulan April lalu, Farhan dan istrinya baru saja memiliki anak pertama dengan kondisi persalinan yang tidak terduga dikarenakan bayi lahir pada usia prematur dan harus dirawat di ruang NICU selama 1,5 bulan. Kondisi tersebut menjadi semakin menantang karena pandemi COVID-19 dimana Farhan dan istrinya tidak dapat mengunjungi bayinya secara teratur.

"Cuti ayah (paternity leave) di P&G berbeda dibandingkan dengan perusahaan lain. Perusahaan bahkan mendukung saya untuk memperpanjang cuti dan menggunakan pengaturan kerja, flexwork. Cuti Ayah ini sangat luar biasa membantu kami selama bayi kami berada dalam proses perawatan NICU dan di fase transisi,” ujar Farhan.

Selanjutnya :

Kecerdasan Emosi Anak Lelaki yang Penting Diajarkan Ayah

Vonis 4,5 Tahun Penjara, Gaga Muhammad Trending di Twitter

Jangan Lewatkan