Viral Ibu Dorong Anak dari Mobil, Psikolog Beri Pesan Khusus

"Masalah ini jadi masalah umum pola asuh orangtua di Indonesia".

Mutia Nugraheni
| 29 Maret 2019 16:11

Dream - Seorang ibu tampak mendorong putrinya untuk keluar dari mobil berulang kali. Ibu tersebut mendorongnya berkali-kali sampai putrinya jatuh telungkup. Video memilukan tersebut viral di media sosial dan membuat miris banyak orang.

Pihak kepolisian akhirnya turun tangan. Diketahui kalau insiden tersebut terjadi di Malang, Jawa Timur. Sang ibu lalu meminta maaf melalui media sosial. Novita Tandry, seorang psikolog anak dan keluarga angkat bicara mengenai hal ini.

Menurutnya kondisi tersebut banyak ia temui saat sesi konseling. Bahkan lebih parah dari video tersebut.

" Masalah ini jadi masalah umum pola asuh orangtua di Indonesia, yaitu pola asuh sehari-hari dan tanggung jawab. Menganggap anak sebagai tugas, beban, mengurusnya karena keterpaksaan, bukan amanah yang nantinya harus dipertanggungjawabkan kepada Tuhan di hari akhir," kata Novita saat dihubungi Dream.co.id, Jumat 29 Maret 2019.

Ia juga menjelaskan, banyak orangtua menganggap anak merupakan miliknya, berada di area domestik yang tak boleh disentuh orang lain. Anak jadi semacam 'barang' yang bisa diperlakukan sesukanya.

" Muncul kekerasan seperti video tersebut, anak diperlakukan semena-mena. Memberi hukuman yang tak memperhatikan keselamatan anak dan bisa melukai psikologisnya serta memunculkan trauma," ungkap psikolog lulusan University of New South Wales, Australia ini.

Selanjutnya :

Pesan Menohok untuk Orangtua

4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian

Jangan Lewatkan