Ulama Syekh Nawawi Tekankan 5 Dasar Pendidikan Akhlak untuk Anak

Semua anak harus 'dimodali' dengan ajaran akhlak yang baik sesuai agama Islam.

Mutia Nugraheni
| 27 Januari 2021 08:03

Dream - Islam mengajarkan umatnya untuk menjadi orangtua yang senantiasa mengajarkan akhlak pada keturunannya. Akhlak adalah sikap, cara berpikir dan berkepribadian sesuai dengan norma dan nilai-nilai Islam.

Semua anak harus 'dimodali' dengan ajaran akhlak yang baik sesuai agama. Untuk membentuknya tak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Harus dilakukan sejak dini bahkan sejak janin dalam kandungan.

Dikutip dari BincangMuslimah.com, Syeikh Nawawi, salah satu ulama Indonesia dalam buku Muhammad al-Bantani: Terjemah Maroqil ‘Ubudiyah: Syarah Bidayah Al-Hidayah:289) mengingatkan para orangtua untuk mengajari lima nilai dasar akhlak pada buah hatinya.

Nilai ini bukan saja untuk si anak, melainkan harus diketahui oleh pendidik serta orangtua yang mempunyai tugas menanamkan nilai-nilai akhlak kepada anak sejak dini. Apa saja?

1. Mematuhi perintah orangtua
Selalu patuhi orangtua selama perintah itu bukan mendurhakai Allah SWT. Mematuhi orangtua perintah yang sangat kuat dari Allah SWT. Meskipun kita sebagai anak selalu berbakti kepada orangtua, tidak akan pernah dapat menyamai apa yang telah orangtua lakukan kepada anak. Apabila ajakan orang tua dalam sebuah bentuk kedurhakaan pada Allah, maka perintah mereka tidak wajib untuk di patuhi.

2. Tak boleh jalan depan orangtua
Hindari berjalan di depan kedua orang tua, tetapi berjalan di samping atau di belakangnya. Jika mengharuskan anak berjalan di depan orangtu maka tidaklah mengapa. Dalam Islam, ini merupakan etika dimana seseorang yang lebih muda tidak berjalan didepan orang yang lebih tua meskipun orang itu bukan orang tua kandung kita.

 

 

Selanjutnya :

Bersyukur

Ini Gaya Bintang Emon Umumkan Positif Covid-19

Jangan Lewatkan