Ucapan 'Tidak Apa-apa' Saat Si Kecil Jatuh Ternyata Kurang Tepat

Mengabaikan rasa sakit anak dan langsung menenangkannya bukanlah hal tepat.

Mutia Nugraheni
| 5 Juni 2021 10:25

Dream - Anak sedang berlarian atau bermain sepeda kemudian terjatuh dan sedikit terluka. Sebagai orangtua kita pasti ingin langsung membantu menenangkannya dan berkata 'tidak apa-apa' atau 'jangan menangis, ini luka sedikit'.

Sementara wajah anak kesakitan sekaligus kebingungan. Orangtua memang tak suka melihat kesedihan dan kesakitan di wajah anak dan buru-buru ingin membuatnya nyaman. Ternyata mengabaikan rasa sakit anak dan langsung menenangkannya bukanlah hal tepat.

“ Pertama-tama, orang tua harus menyatakan yang jelas dengan membuat pernyataan seperti, 'bunda melihat kakak/adik jatuh dari sepeda ' atau 'ayah tahu kakak/adik takut ketika jatuh,'. Validasi apa yang dirasakan anak dengan mengatakannya, bukan mengesampingkannya,” kata Dr. Karol Darsa, psikolog yang memiliki spesialisasi pada trauma, dikutip dari PureWow.

Hal itu sangat penting karena anak baru saja mengalami cedera lutut. Mereka tak mungkin mengatakannya secara gamblang apa yang dirasakan dan ditakuti karena mungkin malu atau sakit. Meski demikian, kondisi anak perlu dipahami dan mereka butuh hal itu.

“ Kuncinya adalah menjaga suara tetap netral. Validasi perasaan dengan tenang tanpa menunjukkan kepanikan," ujar Dr. Karol.

 

Selanjutnya :

Validasi Perasaan Anak

Keluarga Mencari Barang Peninggalan Milik Vanessa Angel, Untuk Apa?

Jangan Lewatkan