Ubah Gaya Bicara Agar Si Balita Mau Mendengar

Bahasa tubuh sangat diperhatikan dan dirasakan oleh balita.

Mutia Nugraheni
| 7 Mei 2017 17:07

Dream - Anak-anak di bawah lima tahun (balita) merupakan pendengar yang buruk. Anda mungkin meneriaki, memarahi atau memberi tahu berkali-kali, tapi mereka tak bisa mengerti begitu saja.

Dibutuhkan repetisi, kebiasaan yang terus-menerus untuk bisa didengarkan anak. Gaya bicara orangtua pada anak balita akan sangat mempengaruhi pemebentukan mental anak. Termasuk
membuat mereka jadi pendengar yang baik.

Jika selama ini Anda cenderung sering berbicara dengan emosi dan bernada tinggi saat berhadapan dengan balita, coba ubah gaya bicara. Ranita Jones, seorang psikolog anak, mengungkap trik jitu agar si balita bisa mengikuti instruksi dan mengerti apa yang dibicarakan orangtua.

" Selalu sejajarkan mata dengan anak saat berbicara dengannya. Anda bisa menundukkan tubuh atau menggendongnya agar level mata sejajar. Cara ini membuat anak mengerti kalau dirinya
dianggap penting. Mereka pun jadi lebih mendengarkan secara intensif dibanding mendengar teriakan," ujar Jones, seperti dikutip dari Life as Mama.

Dengan mata yang sejajar, bicaralah dengan lembut tapi penuh dengan tekanan dan wibawa. Suara ini akan membuat anak mngerti kalau orangtuanya sedang berbicara dengan sungguh-
sungguh padanya. Bicaralah dengan fokus dengan tidak melakukan aktivitas lain.

" Bahasa tubuh sangat diperhatikan dan dirasakan balita, jadi saat berbicara dengannya sambil melakukan sesuatu maka jangan heran mereka juga tak akan mendengarkannya. Tatap mata dan fokus, anak pasti akan mendengar dengan seksama," ujar Jones.

Sebagai solusi, Jones juga menyarankan untuk menawarkan pilihan pada anak. Misalnya jika ia tidak mau makan sayur, pilihannya adalah makan buah atau tidak ada lagi cemilan manis. Dengan begitu anak juga diajarkan untuk berpikir dan membuat keputusan. Mereka pun akan mulai belajar bernegosiasi sehingga membuat komunikasi jadi lebih lancar.

 

 

Topik Terkait :

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie

Jangan Lewatkan