Trik Wajib Dicoba Saat Anak Bersikap Buruk

"Sudah menjadi dasar manusia termasuk anak-anak, ingin diakui dan diakui dan dihargai".

Mutia Nugraheni
| 24 April 2019 08:10

Dream - Ada masanya saat anak berperilaku tak terkontrol, selalu membantah dan memicu konflik. Kondisi ini tentunya sangat memusingkan para orangtua. Emosi jadi kerap terpancing, komunikasi dengan anak pun menjadi memburuk.

Kondisi ini tak boleh dibiarkan. Orangtua harus mencari cara lain demi mengatasinya. Salah satu yang wajib dicoba adalah dengan trik 'penguatan positif'. Gagasan ini berdasar pada kenyataan bahwa anak-anak merespons pujian lebih baik daripada kritik atau koreksi.

“ Sudah menjadi dasar manusia termasuk anak-anak, ingin diakui dan diakui dan dihargai. Sangat menyenangkan untuk diperhatikan,” ujar Judy Arnall, penulis buku Parenting With Patience and Discipline Without Distress.

Trik penguatan positif ini bisa dengan pujian verbal, tepuk tangan, hadiah, pelukan, stiker atau hal lainnya yang disukai anak. Lalu, bagaima jika anak tidak melakukan sesuatu yang positif?

Anak-anak kita semua melakukan hal-hal positif, hanya saja perilaku negatifnya yang lebih kentara bagi kita. Di sisi lain, perilaku baik seringkali dianggap perilaku yang normal dan sudah sewajarnya dan tak perlu diberi pujian.

" Carilah momen-momen itu — bahkan jika itu jarang terjadi — ketika anak itu melakukan apa yang Anda inginkan. Kita harus berusaha secara aktif untuk memperhatikan," ungkap Judy.

Orangtua harus mencari hal positif dalam situasi yang menjengkelkan alih-alih berfokus pada hal negatif. Lalu, pilihlah jenis penguatan positif yang tepat.

" Bentuk pujian yang paling efektif adalah pujian untuk usaha daripada hasilnya. Misalnya, ungkapan 'ibu benar-benar bangga padamu karena belajar begitu keras" , lebih baik daripada mengatakan 'ibu bangga dengan nilai yang kamu dapatkan'," kata Judy.

Jika rumah selama ini tak pernah ada ungkapan positif, anak-anak awalnya mungkin terasa skeptis dengan semua pujian itu. Kuncinya adalah konsisten dan tulus. Hal ini akan terasa lebih mengena bagi anak.

Tak ada salahnya untuk mencoba trik ini di rumah. Semoga berhasil, ayah bunda!

Sumber: Todays Parent

Topik Terkait :

Fasilitas Umum Mulai Diperbaiki Pascakerusuhan 22 Mei

Jangan Lewatkan