Trik Membuat Ritual Makan Menyenangkan Bagi Si Kecil

Sangat penting menanamkan kebiasaan makan yang baik sedini mungkin.

Gladys Velonia
| 17 Februari 2018 17:34

Dream - Sering bingung karena buah hati sangat sulit untuk makan teratur? Menumbuhkan kebiasaan makan yang baik pada anak, memang tak mudah. Hal tersebut harus dilakukan sedini mungkin.

Noella Birowo, penulis Buku Anti Panik, membagikan tips-tips sederhana agar anak memiliki kebiasaan makan yang baik. Yaitu makan saat kenyang dan teratur serta tidak berlebihan.

" Makan adalah hal paling PR buat orangtua. Saya selalu menyarankan dari hari pertama mulai MPASI (Makanan Pendamping ASI), orangtua harus membuat makan itu sebagai kegiatan
yang fun," ujar wanita yang akrab disapa Ui itu saat ditemui di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Menurut Ui, anak usia enam bulan belum memerlukan makanan dalam jumlah banyak. Mereka justru harus diberi pengalaman makan yang baru dengan mengenalkan beragam rasa makanan dan tekstur.

" Saat ngasih makan, jangan malah kasih gadget. Boleh kasih mainan biar anak mau makan tapi itu optional. Cara yang benar dan ampuh adalah duduk bareng sama mereka, kenalin makanan yang akan dimakan, sambil diajak ngobrol sambil kita suapin," jelas Ui.

Jika mengajak anak ke taman untuk makan sambil main, menurut Ui justru tidak bagus. Hal itu karena anak mudah terganggu konsentrasinya untuk makan.

" Kalau diajak ke taman, dia ke-distract. Tidak tahu kapan dia lapar, akhirnya anak jadi obesitas, karena dimasukkin makanan iya-iya aja," lanjut Ui.

Selain itu, hal lain yang dapat dilakukan guna membuat kegiatan makan menjadi lebih menyenangkan ialah penggunaan peralatan makan yang menarik perhatian si kecil.

" Buat makan fun, dari sendok atau piringnya dipilih yang warna warni. Anak itu maunya explore, ingin tahu tekstur, kalau berantakan terus muka jadi cemong tidak apa-apa," imbuhnya.

Topik Terkait :

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan