Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Trik Agar Buah Hati Tertarik dengan Sains

Trik Agar Buah Hati Tertarik dengan Sains Anak Perempuan Belajar Sains

Dream - Memiliki anak yang mempunyai jiwa sains merupakan kejutan tersendiri. Mereka akan banyak bertanya, selalu bereksperimen untuk mengetahui bagaimana sesuatu berfungsi, dan akan memperhatikan seekor semut kecil membawa sepotong makanan.

Tapi tidak semua sekolah menyajikan pelajaran sains dengan cara menyenangkan dan sesuai kebutuhan anak. Untuk mendukung kesukaannya pada sains tak ada salahnya di akhir pekan
Anda membuat aktivitas jalan-jalan bertema sains.

"Banyak anak yang justru merasa tertarik dan terlihat berbakat di bidang sains ketika mereka melakukan aktivitas di luar sekolah. Misalnya saat membuat robot, mengamati kehidupan
kupu-kupu atau aktivitas lain yang interaktif dan bukan sekedar duduk di kelas," ujar Carol Tang, direktur eksekutif di Children Creativity Museum, seperti dikutip dari Parents.

Berjalan-jalan ke hutan kota, museum zoologi atau museum hewan laut serta Seaworld bisa jadi salah satu cara untuk menyalurkan minat anak di bidang sains. Ada juga cara lain yang cukup seru, yaitu mengajari anak bermain Minecraft. Permainan video games ini memicu anak dan para pemainnya tertarik pada coding, yaitu bahasa pemrograman di komputer.

"Tayangan National Geographic, dokumenter soal pembangunan gedung, pembuatan jembatan atau supercara juga jadi cara menyenangkan mengenalkan sains pada buah hati," kata Tang.

Anda juga bisa mengenalkan sains dengan kondisi di sekeliling rumah. Seperti bentuk fly over, under pass, pepohonan, tanaman atau bisa juga mencari tahu melalui aktivitas olahraga seperti ice skating dan memanah.

"Hal terpenting adalah anak tahu kalau sains itu dekat dengan kehidupan kesehariannya. Mulai dari ia membuka mata melihat matahari berinar, hingga saat tidur ketika bulan muncul. Eksperimen-eksperimen mudah juga bisa dilakukan di rumah menggunakan barang-barang sederhana," kata Tang.

 

Laporan Gemma Fitri Purbaya

 

 

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tak Hanya Kurang Serat, Ketahui Sebab Lain yang Bikin Sulit BAB
Tak Hanya Kurang Serat, Ketahui Sebab Lain yang Bikin Sulit BAB

Sulit buang air besar bisa disebabkan pola makan kurang sehat. Ketahui kebiasaan yang harus diperbaiki agar pencernaan lebih sehat.

Baca Selengkapnya
Jangan Biarkan Anak Bergadang, Bisa Picu Masalah Telinga hingga Konsentrasi
Jangan Biarkan Anak Bergadang, Bisa Picu Masalah Telinga hingga Konsentrasi

Begadang bisa menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang pada anak. Ketahui apa saja dampak begadang lainnya.

Baca Selengkapnya
Kelebihan Anak Keras Kepala yang Sering Tak Disadari Orangtua
Kelebihan Anak Keras Kepala yang Sering Tak Disadari Orangtua

Anak keras kepala cenderung ingin mencoba sesuatu dan tak mendengar pendapat orang lain.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda
3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

Saraf terjepit bisa terjadi di usia muda dan menghambat kegiatan sehari-hari. Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasinya.

Baca Selengkapnya