Touchscreen Buat Anak Lebih Mudah Terdistraksi?

Ketahui faktanya.

Mutia Nugraheni
| 16 April 2021 10:00

Dream - Anak-anak saat ini sudah sangat akrab dengan penggunaan gadget dengan fitur layar sentuh. Pandemi juga membuat anak lebih lama menggunakan gadget, karena mereka tak bisa bebas bermain di luar.

Hal ini juga terjadi pada anak-anak balita. Peneliti menemukan bahwa balita dengan penggunaan layar tinggi memiliki waktu yang lebih sulit untuk menghindari gangguan. Peneliti juga menemukan anak-anak yang terbiasa dengan lebih banyak waktu di layar memiliki waktu respons yang lebih cepat saat melihat objek mencolok yang muncul di tablet.

Penelitian yang diterbitkan dalam Nature Scientific Reports ini diikuti oleh 40 anak berusia 12 bulan hingga 3,5 tahun. Dilakukan untuk menilai dampak penggunaan layar sentuh pada perkembangan otak balita.

“ Media layar sentuh seluler adalah bagian integral dari kehidupan keluarga, tetapi juga merupakan sesuatu yang sangat dikhawatirkan orangtua, meskipun kurangnya bukti empiris untuk mendukung ketakutan atau sensasi apa pun. Jadi, kami memutuskan untuk melakukan penelitian," kata Dr. Ana Portugal, kepala peneliti.

 

Selanjutnya :

Penggunaan di Waktu yang Lama

Insightful & Motivation Session with Thafanya

Jangan Lewatkan