Tiru Cara Nabi Muhammad SAW Memotivasi Anak-anak

Orangtua lah yang sangat berperan besar dalam memberi motivasi pada anak-anaknya.

Mutia Nugraheni
| 15 Juni 2018 10:31

Dream - Ada anak-anak yang bisa mencari tahu sendiri apa yang diinginkan dan harus dikejarnya. Namun ada juga yang butuh bimbingan dan suntikan motivasi agar bisa mendapatkan semangat untuk melakukan sesuatu dan berprestasi.

Orangtua lah yang sangat berperan besar dalam memberi motivasi pada anak-anaknya. Terkait dengan hal ini, seperti dikutip dari Muslimah.or.id, terdapat banyak contoh ucapan yang baik dari Nabi Muhammad SAW dan para sahabat beliau.

Salah satunya adalah pujian Rasulullah kepada Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu. Ibnu Sa’ad telah menukil kisahnya di dalam Kitab Thabaqat–nya dengan sanad yang shahih dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu. Ibnu Mas’ud mengatakan:

 Ibnu Masud

Artinya: Ketika aku (Ibnu Mas’ud) di usia anak-anak yang hampir baligh, aku sedang menggembalakan kambing milik ‘Uqbah bin Abu Muhith. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Abu Bakr lewat ketika sedang dalam pelarian dari kejaran orang-orang musyrik. Keduanya berkata, “ Wahai Ananda, apakah engkau punya susu yang dapat kami minum?”

Lalu aku menjawab, “ Sesungguhnya aku hanya orang yang diberikan amanah (untuk menggembala –pen) sehingga aku tidak dapat memberikan susu yang dapat kalian jadikan sebagai minuman.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “ Apakah di antara kambing gembalaanmu ada anak kambing betina yang belum dikawini pejantannya?”

Aku menjawab, “ Iya, ada.” Aku pun membawakannya kepada mereka berdua. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menahan dan mengusap embing susunya. Lalu mengalir deraslah susu dari embing susu anak kambing betina tersebut. Kemudian Abu Bakar membawa wadah cembung dari batu. Embing susu itu pun diperah. Aku dan Abu Bakar pun meminum susunya.

Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan kepada embing susu itu, “ Menyusutlah.” Maka seketika itu embing susu pun menyusut. Setelah itu, aku (Ibnu Mas’ud) pun datang menghadap beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata, “ Ajarkanlah kepadaku perkataan yang Engkau bawa (Al Qur’an -pen).”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “ Sesungguhnya Engkau adalah anak yang terpelajar.” Maka aku (Ibnu Mas’ud) pun mempelajari 70 surat langsung dari beliau dan tidak seorang pun yang mengalahkanku.”

Pujian manis dan mengena dari Nabi Muhammad SAW kepada Ibnu Ma'sud, ternyata sangat memotivasinya untuk mempelajari Alquran. Bisa jadi teladan para orangtua dalam memberi pujian dan motivasi untuk buah hatinya.

Selengkapnya baca di sini

Topik Terkait :

Wulan Guritno Gugat Cerai Adilla Dimitri

Jangan Lewatkan