Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tips Memilih Perawatan Kulit yang Aman untuk Ibu Hamil

Tips Memilih Perawatan Kulit yang Aman untuk Ibu Hamil Ilustrasi Foto : Shutterstock

Draem -  Wanita hamil membutuhkan perawatan kulit berbeda dengan wanita biasa. Pasalnya perawatan tersebut dikhawatirkan bisa mempengaruhi janin yang ada di dalam kandungan.

Tak jarang para ibu hamil di luar sana rela tidak memakai perwatan kulit demi menjaga kesehatan sang buah hati di dalam kandung. Tapi, sebenarnya wanita hamil boleh melakukan perawatan kulit asal dengan menggunakan produk-produk yang aman. 

Dokter spesialis kulit dan kelamin Tina Wardhani, pemakaian produk kosmetik yang perlu diperhatikan untuk ibu hamil adalah obat minum.

"Hati-hati sama obat minum yang diberikan pada ibu waktu hamil. Itu musti jadi perhatian, obat minum seperti vitamin A sudah pasti nggak boleh. Bahkan, dari enam bulan sebelum kehamilan harus sudah distop," kata Tina Wardhani di Klinik Sakti Medika, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Maka dari itu, beberapa produk kosmetik tidak dianjurkan untuk dipakai ketika Sahabat Dream berencana untuk menikah atau menjalani program hamil dalam waktu dekat.

Meskipun disarankan untuk berhati-hati pada obat minum, kamu masih bisa memakai obat topikal yang tidak mengandung bahan berbahaya.

"Kalau topikal, nggak ada bahan aktif berbahaya. Dulu, saya sering baca kandungan produk yang 'seram-seram'. Tapi kalau sekarang, kalaupun ada bahan yang 'seram', ada batas konsentrasi tertentu yang masih dibolehkan," ucapnya.

Kini, produk yang dijual di pasaran memiliki kandungan yang cukup aman dipakai semua kalangan di segala kondisi. Lain halnya jika Sahabat Dream ingin memakai produk kosmetik dari dokter.

"Kalau dari dokter harus disesuaikan dengan kondisi kulit dan jangka waktu pemakaiannya. Apalagi, kalau melakukan pengobatan dengan bahan aktif yang harus dikontrol secara rutin. Kalau hanya sekedar perawatan seperti pelembap dan vitamin topikal, tidak apa-apa," tuturnya.

Ibu Hamil Boleh Mengendarai Mobil, Tapi...

Dream Hamil tidak menjadi penghalang wanita dalam beraktvitas. Ibu masih boleh berpergian ke sana ke mari, termasuk mengendarai mobil.

Mengemudi saat hamil kerap mengundang kontroversi. Padahal, menyetir saat hamil tidak menjadi masalah selama kondisi kesehatan ibu baik-baik saja.

Dokter Rumah Sakit Pertamina, Daniel Bramantyo menjelaskan jika sesungguhnya tidak ada larangan bagi wanita yang sedang hamil untuk berkendara. Akan tetapi wanita tetap harus memantau besar kandungannya.

" Sebenarnya boleh saja wanita hamil mengendarai mobil. Namun tergantung dari besar perutnya, karena itu mempengaruhi posisi berkendara," kata dr. Daniel di acara Chevrolet Trailblazer Health Fun Drive & Ride Experience, Jakarta Selatan, Rabu kemarin.

Ibu hamil yang ingin berkendara tidak memiliki pantangan khusus, hanya saja harus memperhatikan bagaimana posisi duduk yang nyaman ketika berkendara.

" Untuk posisi duduk saat berkendara  harus lebih tegak. Karena tidak boleh terlalu landai dan bungkuk," paparnya.

Posisi duduk dengan sudut 90 sampai 100 derajat merupakan pilihan tepat agar janin tetap merasa rileks. Perhatikan jarak antara dadaperut dan juga stir mobil agar tidak terlalu dekat.

" Kalau jarak dada dan stir 25 sentimeter, tapi jarak perut tetap dekat. Kalau tangannya panjang berarti bagus dan masih bisa bawa mobil karena posisi 110 derajat. Karena posisi kaki ke pedal gas belum tentu sama," imbuhnya.

Selain itu, Sahabat Dream yang sedang hamil disarankan untuk tidak mengendarai mobil dengan jarak jauh. Waktu ideal berkendara selama hamil berkisar antara 1-2 jam saja.

Laporan: Ratih Permata Sari

Flek Saat Hamil, Perempuan Tetap Wajib Salat?

Dream - Bercak kecokelatan, darah atau biasa disebut flek seringkali dialami oleh ibu hamil. Dalam kondisi ini biasanya muncul kebingungan apakah tetap wajib salat atau tidak, karena terdapat cairan darah yang keluar.

Terkait hal ini Ustaz Ammi Nur Baits memberikan penjelasannya. Menurutnya, ulama berbeda pendapat, apakah perempuan hamil bisa mengalami haid ataukah tidak haid.

Pendapat pertama, perempuan hamil bisa mengalami haid. Bisa mengalami haid dalam arti, ketika wanita ini mengeluarkan darah dan memenuhi semua kriteria haid, baik karena sesuai kebiasaannya atau cirinya sama dengan darah haid pada umumnya, maka berlaku untuknya hukum-hukum haid.

Syaikhul menyebutkan pendapat as-Syafi’I:

Wanita hamil bisa mengalami haid, dan ini madzhab as-Syafi’i. dan al-Baihaqi menyebutkan pernyataan Imam Ahmad dalam masalah ini, namun beliau juga menyebutkan bahwa Imam Ahmad telah rujuk dari pendapat ini. (Fatawa al-Kubro, 5/315).

Kedua, wanita hamil tidak bisa mengalami haid, sehingga jika ada darah yang keluar, bisa dipastikan bukan haid, tapi istihadhah. Sehingga tetap wajib shalat, sebagaimana perempua suci dari haid.

Ini merupakan pendapat Imam Ahmad dan para ulama madzhab hambali. Dalam Tanqih at-Tahqiq disebutkan riwayat dari al-Atsram, beliau bertanya kepada Imam Ahmad,

Apa pendapat anda untuk wanita hamil yang melihat darah, apakah dia meninggalkan shalat?
Jawab Imam Ahmad, “ Tidak, tetap shalat.”

Saya bertanya, “ Apa dalil yang mendukung hal ini?”

Lalu Imam Ahamd menyebutkan hadis, saya berdalil dengan hadis dari Muhammad bin Abdurrahman – maula Ali Thalhah – dari Salim, dari ayahnya (Ibnu Umar). Selengkapnya baca di sini.


Sumber: Konsultasi Syariah

Bagaimana Hukum Merayakan Tujuh Bulanan Wanita Hamil?

Dream - Di masyarakat Indonesia, terdapat kebiasaan menggelar perayaan usia kehamilan empat dan tujuh bulan. Biasanya, perayaan digelar dengan kenduri.

Dalam masyarakat Jawa misalnya, acara tujuh bulanan dikenal dengan sebutan tingkepan. Sebenarnya, kebiasaan ini tidak terjadi di zaman Rasulullah Muhammad SAW. Lantas bagaimana ulama menghukumi perayaan ini?

Dikutip dari laman Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Zarwat Lc., menjelaskan belum ditemukan adanya perintah untuk merayakan empat bulanan dan tujuh bulanan wanita hamil. Karena tidak ada perintah, maka hukumnya bukan sunah, juga bukan wajib.

Tetapi, karena ketiadaan perintah itu apakah lantas perayaan itu menjadi haram, para ulama masih berbeda pendapat. Sebagian ulama menghukumi seluruh amalan yang tidak ada dalilnya dari sunah Rasulullah adalah haram.

Bagi ulama golongan ini, segala jenis perayaan adalah haram. Karena dalam pandangan mereka, perayaan adalah amalan yang diada-adakan dalam perkara agama.

Sementara sebagian yang lain menganggap perkara-perkara yang tidak ada dasar pensyariatannya belum tentu menjadi haram. Kecuali jika suatu perkara masuk dalam proses ritual peribadatan, barulah dihukumi haram.

Bagi golongan ini, segala bentuk perayaan adalah halal selama tidak termasuk ritual ibadah. Juga apabila amalan tersebut tidak bertentangan dengan ajaran Islam seperti syirik, zina, penipuan, dan lain sebagainya.

Selengkapnya baca di sini...

Tampil Awet Muda dengan Akupuntur Wajah

Dream - Metode tusuk jarum atau dikenal dengan sebutan akupuntur, banyak dimanfaatkan para perempuan untuk mempercantik diri. Harganya pun lebih bersahabat dibanding melakukan botox atau filler wajah yang menghabiskan dana fantastis.

Metode akupuntur juga diklaim lebih aman, meskipun dibutuhkan kesabaran untuk membuktikan khasiatnya. Seperti diungkap dokter spesialis akupuntur, Ira Pramayanti yang banyak menangani pasien perawatan wajah.

Para perempuan yang datang ke kliniknya, biasanya berusia di atas 40-an. Mereka melakukan tusuk jarum agar wajahnya kencang kembali. Sebagian besar lainnya, yaitu mereka yang memiliki masalah jerawat membandel.

" Kami lakukan tusuk jarum di area sekitar mata, dengan cara yang sangat aman," ungkap wanita cantik yang kini membuka praktek di klinik kecantikan Aesthetic, Jakarta Selatan.

Selain itu, Ira juga melakukan penarikan kulit menggelambir di sekitar bawah mata. Sehingga, hanya dalam enam kali pertemuan saja, dokter lulusan Universitas Indonesia ini mampu membuat para pasiennya terlihat muda kembali.

" Tapi kalau mau mengencangkan kerutan halus atau kantung mata, pantang dilakukan saat berjerawat ya. Nanti malah jadi infeksi kena tusukan jarum," imbuhnya pada Rabu, 4 November 2015.

Akupuntur aman dilakukan pada segala usia. Para remaja yang memiliki masalah kulit pun lebih disarankan untuk pergi ke dokter akupuntur. Pasalnya, Ira mengungkapkan kalau metode yang ia gunakan tidak membutuhkan bantuan obat-obatan kimiawi.

" Paling kalau untuk kulit berjerawat, harus menghindari makanan pedas, berlemak dan berminyak. Tujuannya supaya lambung tidak terganggu dan tidak berefek ke kulit wajah," pungkas Ira. (Ism) 

Menu Sop Penurun Berat Badan

Dream - Semangkuk sop tidak hanya bisa dijadikan sebagai penghangat tubuh namun juga membantu menurunkan berat badan.

Untuk yang sedang menjalani program diet lima sop yang dikutip Boldsky, Selasa 4 November 2015 dapat dijadikan referensi untuk menu bugar dan juga langsing :

1. Sop Brokoli

Satu porsi sop brokoli hanya mengandung 1,2 gram lemak sehingga tidak terlalu banyak lemak yang masuk ke dalam tubuh.

Sepertinya cocok untuk orang-orang yang sedang menjalani program diet. Selain itu sop brokoli kaya akan serat dan nutrisi yang penting untuk tubuh.

2. Sop Labu

Sop ini rendah lemak dan gula serta merupakan sumber yang baik untuk asupan protein dan serat yang dibutuhkan tubuh.

Dengan mengonsumsi sop labu dapat memperlancar sistem metabolisme tubuh sehingga lebih mudah menghilangkan lemak di tubuh.

 

Klik halaman berikutnya.... 

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
10 Rekomendasi Krim Malam Terbaik untuk Mencerahkan Wajah, Jangan Asal Pilih
10 Rekomendasi Krim Malam Terbaik untuk Mencerahkan Wajah, Jangan Asal Pilih

Memiliki kulit wajah yang cerah merupakan keinginan semua wanita. Yuk ikuti rekomendasi krim malam berikut!

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Sabun Muka Khusus Kulit Berjerawat, Jangan Salah Pilih
Cara Memilih Sabun Muka Khusus Kulit Berjerawat, Jangan Salah Pilih

Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami banyak orang. Begini cara mengatasinya dengan memilih sabun muka yang tepat.

Baca Selengkapnya
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!
Cara Mengencangkan Kulit Secara Alami, Cukup Campurkan 3 Bahan Ini!

Ada beberapa tips yang dapat membantu mengatasi permasalahan kulit kendur. Yuk, simak cara mengencangkan kulit secara alami menggunakan 3 bahan rahasia ini!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan
Tips Jitu Menjaga Kasur Tetap Bersih dari Bulu Hewan Peliharaan

Perlu diketahui, jika kamu memilih untuk berada di satu kamar bersama hewan peliharaan, kamu akan lebih sulit nantinya untuk membersihkan kamar.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal
Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Berikut adalah beberapa rekomendasi peci Lebaran berdasarkan jenisnya yang bikin tampil ganteng maksimal. Yuk ikuti!

Baca Selengkapnya
Tips Pilih Kotak Bekal Anak yang Aman dan Cara Merawatnya
Tips Pilih Kotak Bekal Anak yang Aman dan Cara Merawatnya

Dalam memilih kotak bekal untuk anak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar makanan tetap aman dan segar.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Melipat Lengan Kemeja
DRESS IT! Tips Melipat Lengan Kemeja

Terdengar simple, cara membuat melipat lengan kemeja agar terlihat ternyata ada trik lho Sahaba Dream. Nah sekarang kamu bisa simak video berikut.

Baca Selengkapnya
Kulit Kepala Mudah Berbau Tak Sedap? Ini Cara Mengatasinya
Kulit Kepala Mudah Berbau Tak Sedap? Ini Cara Mengatasinya

Kulit kepala berbau bisa disebabkan kondisi medis tertentu dan gaya hidup. Cari tahu penyebab dan cara mengatasinya agar rambut tetap segar.

Baca Selengkapnya
Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Efektif Menggunakan Satu Bahan Alami
Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Efektif Menggunakan Satu Bahan Alami

Terdapat solusi yang simpel untuk menghilangkan kutu rambut tanpa perlu bahan kimia keras atau produk dengan harga tinggi.

Baca Selengkapnya
Perhatikan 2 Hal Saat Pilih Produk Eksfoliasi
Perhatikan 2 Hal Saat Pilih Produk Eksfoliasi

Eksfoliasi harus dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak mengiritasi kulit serta menyebabkan masalah lainnya. Pakai produk yang tepat dan cocok untuk kulit.

Baca Selengkapnya