Tingkatkan Kecerdasan Si Kecil dengan Aktivitas Fisik

Ini dia sejumlah manfaat yang bisa anak dapatkan.

Annisa Mutiara Asharini
| 28 Oktober 2019 16:03

Dream - Perkembangan teknologi dan akses internet yang begitu mudah, tak dapat dipungkiri berdampak pada keseharian anak-anak. Salah satunya membuat ativitas fisik anak semakin menurun.

Gadget seringkali menggantikan momen bermain di luar rumah. Padahal, aktivitas fisik seperti bermain sepeda, lari-larian, pertak umpet dan permainan lainnya penting untuk dilakukan si kecil.

Menurut Andyda Meliala, dokter sekaligus pakar parenting dan pegiat pendidikan, aktivitas fisik seperti olahraga berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan anak.

Selain itu, aktivitas fisik mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjadi vaksin untuk berbagai penyakit metabolik seperti diabetes dan hipertensi.

" Anak usia 5-17 tahun sebaiknya difokuskan pada aerobik, penguatan otot, dan penguatan tulang. Kegiatan aerobik bisa berupa melompat, berlari, bahkan menari," tutur Andyda di konferensi pers Stimuno Timo Land, Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu 26 Oktober 2019.

 Stimuno

Ada pula kegiatan kekuatan otot dapat menggunakan alat bermain, tarik-menarik, dan memanjat pohon. Untuk kekuatan tulang, dapat melakukan olahrga basket, tenis atau lompat tali.

Membiasakan anak untuk menjalani aktivitas fisik ini memang tidak mudah. Terlebih jika anak memiliki spring time yang banyak akan membuat mereka malas untuk bergerak.

" Kita perlu membantu anak kita memiliki spring time karena kita tahu penghambat anak-anak untuk olahraga adalah spring time. Terlalu banyak duduk, pegang gadget, menghadap internet, itu akan membuat anak-anak jadi mager," ujarnya.

 Stimuno

Foto: Keisha Ritzska Salsabila/Dream

Selanjutnya :

Aktivitas Fisik Berikan 'Pupuk' Otak

Topik Terkait :

Viral, Selebgram Ini Marah Di bandara

Jangan Lewatkan