Tingkat Kecemasan Ayah Naik 5 Kali Lebih Cepat Saat Ibu Sedang Hamil

Ada begitu banyak ketidakpastian dan banyak hal yang tidak bisa dikendalikan para ayah.

Mutia Nugraheni
| 27 April 2021 10:04

Dream - Sebuah studi penting baru yang diterbitkan The Journal of Psychosomatic Obstetrics & Gynecology menyoroti prevalensi kecemasan pada calon ayah. Temuan menunjukkan bahwa pria mengalami kecemasan dengan kecepatan hampir 5 kali lebih tinggi dari rata-rata, selama kehamilan pasangannya. Kecemasan ini juga berlanjut selama tahun pertama menjadi orangtua.

Kehamilan dan persalinan adalah peristiwa yang membahagiakan, tapi tetap saja membuat stres. Ada begitu banyak ketidakpastian dan banyak hal yang tidak bisa dikendalikan para ayah.

" Kecemasan muncul sebagai tanggapan atas semua itu. Selain itu, masih banyak faktor lain yang juga harus dipermasalahkan, termasuk apa yang akan terjadi pada pernikahan, situasi kehidupan, dan keuangan,” kata Akeem N. Marsh, MD, FAPA, asisten profesor klinis di NYU School of Medicine, dikutip dari Verywell

Menurut Postpartum Support International, sebanyak satu dari sepuluh ayah baru menderita depresi pascapersalinan atau gejala serupa. Jelaslah, temuan ini menunjukkan bahwa ayah baru membutuhkan dukungan seperti halnya ibu baru. Para peneliti di Colorado School of Public Health di University of Colorado Anschutz Medical Campus meninjau beberapa penelitian antara 1995 dan 2020 yang melibatkan lebih dari 40.000 responden laki-laki.

 

Selanjutnya :

Butuh Dukungan

Penampilan Musik JAVE

Jangan Lewatkan