Ternyata Ini Durasi Ideal Belajar Online Agar Anak Tak Jenuh

Jangan sampai anak merasa stres bahkan depresi.

Mutia Nugraheni
| 19 Juli 2021 10:04

Dream - Tahun ajaran baru 2021 sudah berlangsung. Anak-anak kembali menjalani sekolah secara online karena penularan Covid-19 belum terkendali. Tatap uka pun dilakukan dengan berbagai program meeting seperti Zoom atau Google Meet.

Hal ini kerap menimbulkan kekhawatiran orangtua karena anak menatap layar selama berjam-jam. Rasa jenuh, bosan hingga sakit kepala bisa saja dialami anak jika belajar online dalam waktu lama.

Saat pandemi, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merekomendasikan durasi ideal belajar online di rumah. Beberapa di antaranya terkait aktivitas fisik, waktu istirahat, dan screen time (lama waktu menatap layar gawai).

“ Kalau anak usia sekolah, yaitu 6 sampai 12 tahun, IDAI menyarankan screen time tidak lebih dari 90 menit atau 1,5 jam setiap harinya," kata dr. Devia Irine Putri, dikutip dari KlikDokter.

Durasi 90 menit ini berlaku untuk keseluruhan mata pelajaran. Pembatasan waktu perlu dilakukan demi meminimalkan berbagai risiko, seperti mata lelah, stres, dan bosan.
Sementara itu, dr. Dyah Novita Anggraini menjabarkan secara rinci waktu jeda belajar online. Menurutnya, setelah 20 menit aktif menatap layar, anak idealnya mengambil istirahat selama 20 detik.

“ Lalu, istirahatkan matanya selama 20 detik, enggak menatap layar. Kalau bisa 20 detik istirahat ini digunakan untuk melihat ke arah depannya yang jaraknya 20 kaki. Bisa juga ke luar ruangan,” kata dr. Vita.

 

Selanjutnya :

Dampak Buruk

Jokowi Perpanjang PPKM Darurat Sampai 25 Juli - DreamID

Jangan Lewatkan