Terapkan Hal Ini di Rumah Agar Buah Hati Tak Lupa PR

Kadang, anak memang harus diingatkan untuk menyelesaikannya PR-nya.

Mutia Nugraheni
| 17 Januari 2017 16:00

Dream - Lupa mengerjakan pekerjaan rumah (PR), buah hati pun harus menjalani hukuman di sekolah. Laporan pun dari sekolah pun datang. Kadang, anak memang harus diingatkan untuk menyelesaikannya PR-nya.

Meski PR adalah tugas rutin, sebagai orangtua Anda tetap harus memeriksanya. Agar insiden lupa mengerjakan PR ini tak terjadi lagi, coba terapkan tiga trik ini.

Area khusus untuk kerjakan PR
Sediakan sudut di rumah khusus untuk mengerjakan PR. Sebaiknya tidak dalam kamar tapi di area yang bisa Anda atau ayahnya lihat. Saat anak kesulitan mengerjakan, orangtua bisa mendampingi. Dengan adanya area khusus anak jadi bisa langsung duduk di tempat tersebut saat mengerjakan PR, sangat membantunya dalam membentuk kebiasaan.

Kumpulkan bahan dan materi
Taruh perlengkapan belajar anak di area yang telah disiapkan, seperti pulpen, pensil, penghapus, penggaris dan lain-lain. Dengan begitu, ia tak perlu bolak-balik mengambil perlengkapan saat mengerjakan tugas atau PR dan jadi lebih fokus. Pastikan juga ia merapikan dan menyimpannya kembali setelah menggunakannnya.

Buat papan checklist
Taruh papan kecil lengkap dengan spidol atau kapur. Minta ia menuliskan tugas atau PR yang harus dikerjakan dan kapan harus dikumpulkan. Dengan begitu Anda juga tahu tugas-tugas anak di sekolah. Setiap tugas atau PR yang sudah dikerjakan, diberi tanda. Cara ini membantu anak dalam hal mengatur tugas-tugasnya di sekolah.


Sumber: PureWow

 

Topik Terkait :

Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya

Jangan Lewatkan