Terapkan Hal Ini Agar Buah Hati Rajin Salat

Langkah pertama adalah tempatkan diri menjadi teladan yang baik.

Mutia Nugraheni
| 24 Januari 2019 10:11

Dream - Ibadah yang ditimbang pertama kali di akhirat nanti adalah salat. Apapun kondisinya, salat tetap harus dilakukan dengan segala keringanan yang diperbolehkan oleh syariat.

Untuk itu sebagai orangtua kita harus menanamkan pada anak, salat adalah tiang agama dan kehidupan. Hendaknya salat sudah dibiasakan sejak anak masih balita. Kebiasaan ini diharapkan akan jadi 'modal' iman dan ketaatan bagi mereka.

Menurut sebuah hadis, seorang anak hendaknya mulai dibiasakan untuk melaksanakan shalat sejak usia tujuh tahun. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “ Perintahlah anak-anakmu agar mendirikan shalat tatkala mereka telah berumur tujuh tahun, dan pukullah karenanya tatkala mereka telah berumur sepuluh tahun” (HR. Abu Dawud dan Al- Hakim).

Sedangkan dalam hadist lain Rasulullah SAW pernah bersabda, “ Apabila seorang anak dapat membedakan mana kanan dan kiri, maka perintahkanlah dia untuk mengerjakan shalat.” (HR. Thabrani)

Lalu apa yang harus dilakukan oleh para orang tua agar anak mereka mau melaksanakan salat sejak usia dini?

Dikutip dari Islami.co, pertama, orangtua harus menjadi teladan utama bagi anak-anak mereka. Apabila ingin anak mereka belajar salat sejak usia dini, maka paraorang tua pun harus memberi contoh bagaimana cara melaksanakan salat dan dengan tepat waktu. Anak-anak justru sangat pandai mengamati dan menirukan perilaku orang lain.

Kedua, para orang tua hendaknya memberikan pemahaman bagaimana pentingnya salat bagi umat Islam. Caranya yaitu dengan menjelaskan kepada sang anak bahwa shalat merupakan kewajiban bagi umat Islam.

Jelaskan kepada anak bahwa salat juga menjadi sarana penghubung bagi manusia untuk berkomunikasi dengan Allah. Selain itu, jelaskan kepada anak bahwa jika mereka konsisten dalam melaksanakan salat maka mereka akan mendapatkan keberkahan, kemudahan dalam hidup dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Ribuan Jemaah Antarkan Ustaz Arifin Ilham Ke Peristirahatan Terakhir

Jangan Lewatkan