Terapkan Hal Ini Agar Anak Belajar dengan Efektif

Kelelahan fisik dan mental sering dialami oleh anak-anak sekolah.

Mutia
| 13 Mei 2018 12:32

Dream - Padatnya jam pelajaran di sekolah ditambah lagi dengan kegiatan esktrakurikuler atau les, tentunya sangat menguras energi dan konsentrasi anak. Sesampainya di rumah mereka juga harus mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah yang diberikan guru di sekolah.

Kelelahan fisik dan mental pun jadi sering dialami oleh anak-anak sekolah. Kondisi tersebut menurut Ajeng Raviando, seorang psikolog, sering tak terpikirkan oleh orangtua.

" Kadang kalau kita sudah capek dari kantor, lihat anak pulang sekolah dan ngerjain PR sambil nonton atau dengar lagu, pasti kita bawaannya ingin marah aja. Kita mengira mereka lagi main, padahal mungkin itu cara mereka untuk menangkap pelajaran," ujar Ajeng saat ditemui di Tanamera Coffee, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, orangtua harus memahami bagaimana sistem belajar anak sejak dini. Termasuk haru menyediakan waktu mendampingi anak ketika sedang belajar mengerjakan PR. Ia menjelaskan cara apa saja yang harus dilakukan orangtua ketika menemani anak belajar.

" Pertama, carilah kebaikan apa yang mereka perbuat, misalnya tulisannya rapi. Berikan pujian yang masuk akal dan detail," kata Ajeng.

Kemudian, berikan semangat agar rasa lelahnya sedikit berkurang. Bisa dengan menyiapkan jus, susu atau makanan favoritnya sebelum anak mulai belajar.

" Biar mereka ke-recharge lagi. Berikan waktu break lima hingga sepuluh menit. Lakukan kegiatan yang menyenangkan biar mereka nggak gampang stres," tutur Ajeng.

Perlu diingat untuk para orang tua bahwa perannya hanya sebatas menemani atau membantu anak, bukan mengerjakan PR. Jangan terus dibantu, berikan jeda dan biarkan mereka berusaha sendiri.

" Hal yang terpenting itu bagaimana proses mereka belajar, bukan bagaimana hasilnya. Jadi, jika mereka salah jangan dimarahi. Jika terus dibantu dan mereka selalu benar, maka anak tidak tahu bagaimana kemampuan mereka," ungkap Ajeng.

Laporan Dina Nazhifah

Topik Terkait :

Mana Nama Suzzanna yang Benar

Jangan Lewatkan