Terapkan Bilingual di Rumah? Siap-siap Hadapi 4 Hal Ini

Dalam menerapkan bilingual ini pastinya akan banyak tantangan.

Mutia Nugraheni
| 1 Mei 2017 12:06

Dream - Banyak orangtua yang menerapkan bilingual di rumah agar buah hatinya memiliki kemampuan bahasa asing yang baik. Hal ini memang sangat baik, karena mempersiapkan anak agar mampu bersaing secara global.

Biasanya anak juga dimasukkan sekolah bilingual untuk memaksimalkan kemampuan bahasanya. Dalam menerapkan bilingual ini pastinya akan banyak tantangan. Siap-siap saja bakal menghadapi hal ini.

Seluruh anggota keluarga juga terlibat
Jika Anda ingin anak berbicara bahasa Inggris, berarti seluruh keluarga di rumah harus terlibat. Bukan hanya gurunya di sekolah, tapi juga ibu, ayah dan seluruh anggota keluarga. Menggunakan bahasa asing sehari-hari di rumah sangat penting untuk membiasakannya.

Sulit dimengerti keluarga dan kerabat
Mungkin Anda dan pasangan sudah terbiasa menggunakan bahasa asing dengan anak. Tapi ketika anak sudah terbiasa, ia akan cenderung menggunakan bahasa asing juga saat berkomunikasi dengan kakek, nekek atau saudaranya yang lain yang tidak terlalu lancar berbahasa asing. Kadang hal ini bisa memicu masalah dalam komunikasi.

Si kecil mencampur bahasa
Bayi dan balita sulit untuk dimengerti, tapi anak yang bilingual berbeda tingkatannya. " Aku ingin go to park, mom!" Bahasa yang dicampur-campur adalah hal yang umum terutama pada
awal-awal perkembangan bahasa. Siap-siap saja dengan kalimat campuran aneh yang dikatakan anak.

 

Laporan Gemma Fitri Purbaya

 

 

Topik Terkait :

Women Spirit in Natural & Sustainable Living

Jangan Lewatkan