Terapi Keluarga Bisa Jadi Solusi Redakan Konflik

Masalah satu orang bisa berefek domino pada seluruh keluarga.

Mutia Nugraheni
| 2 Maret 2021 14:04

Efek Dahsyat Habiskan Waktu Bersama Keluarga yang Sering Tak Disadari

Dream - Pandemi membuat kita akhirnya memiliki banyak waktu di rumah bersama keluarga. Terutama bagi orangtua yang bekerja. Durasi bekerja kerap menyita waktu dan hanya ada sedikit waktu bersama anak-anak.

Manfaatkan momen ini bersama anak. Pasalnya, menghabiskan waktu bersama keluarga memiliki dampak positif yang bertahan lama pada perkembangan emosional dan sosial anak. Seperti apa efek konkretnya? Yuk simak.

1. Komunikasi terbuka
Apa pun aktivitasnya, menetapkan waktu yang dihabiskan bersama sebagai sebuah keluarga — tanpa gangguan pekerjaan, telepon, atau pekerjaan rumah — menciptakan ruang untuk dialog terbuka. Mungkin anak-anak bermaksud untuk berbicara dengan orangtua tetapi merasa ayah atau ibunya sibuk dengan pekerjaan.

Ketika semua orang sedang memikirkan banyak hal, mudah untuk lupa menanyakan keluarga tentang bagaimana hari mereka berjalan. Waktu keluarga yang berulang memecahkan masalah dengan memberikan kesempatan yang konsisten untuk berkomunikasi dan didengarkan. Hal ini akan membentuk pengalaman yang meningkatkan hubungan emosional. Tak ternilai.

 

Selanjutnya :

2. Membangun harga diri

Topik Terkait :

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan