Tenangkan Buah Hati Tanpa Perlu Banyak Bicara, Caranya...

Kehangatan dari orangtua sangat dibutuhkan anak ketika mereka mengalami masalah emosi.

Mutia Nugraheni
| 4 April 2018 10:05

Dream – Banyak hal yang membuat anak merasa sedih, kecewa atau stres dan tertekan. Bisa jadi karena situasi sekolah, tekanan dari teman hingga hal lain yang membuatnya kondisi emosinya tak stabil.

Orangtua tentu tak boleh tinggal diam. Profesor Psikologi di Universitas Yale sekaligus penulis " Before You Know It: The Unconscious Reasons We Do What We Do" , Dr. John Bargh menjelaskan bahwa kehangatan dari orangtua sangat dibutuhkan anak ketika mereka mengalami masalah emosi.

Bukan dengan nasihat panjang lebar, ada cara efektif yang bisa menenangkan buah hati. Yuk, cari tahu.

Sediakan makanan hangat
Coba sediakan sup atau susu hangat pada anak ketika ia sedang merasa sedang sedih. Cukup berikan padanya hidangan hangat sambil mengusap punggung dan memeluknya.

" Secara rasional, tidak masuk akal jika minum atau memegang sesuatu yang hangat dapat memengaruhi perilaku, tetapi ada hubungan kuat antara tubuh dan pikiran," tutur Dr. Bargh.

Pelukan dan selimuti
Para ahli saraf telah menemukan bahwa bagian otak yang disebut insula, aktif merespons terhadap kedua jenis kehangatan. Yaitu ketika seseorang menyentuh bantal pemanas atau ketika berinteraksi dengan keluarganya. Cobalah melakukan interaksi fisik pada anak.

Seperti memberikannya pelukan, menyelimutinya atau sekedar menyediakan pundak untuk sandaran kepalanya. Mungkin terdengar sederhana. Meskipun tanpa bicara, anak tahu Anda selalu ada di dekatnya ketika ia sedang sedih.

Laporan Dina Nazhifah

Sumber: Parents.com

Live Streaming KapanLagi Buka Bareng Vol. 2

Jangan Lewatkan