Teman Dikaruniai Buah Hati, Baca Doa Ini Demi Keberkahan

Disunnahkan membaca doa khusus ketika ada kerabat yang baru saja mendapatkan anak.

Mutia Nugraheni
| 6 September 2020 10:27

Dream - Memiliki kerabat atau saudara yang baru saja dikaruniai keturunan, pastinya kita turut berbahagia. Terutama jika mereka sudah sangat menantikan buah hati sejak lama.

Hadirnya anak dalam sebuah keluarga merupakan pemberian dari Allah SWT. Sepatutnya kita juga mendoakan kebahagiaan dan keberkahan bagi teman dan kerabat. Disunnahkan membaca doa khusus ketika ada kerabat yang baru saja mendapatkan anak.

Dikutip dari Bincang Muslimah, Imam An-Nawawi di dalam kitab Al-Adzkar menjelaskan, disunnahkan mengucapkan doa selamat atas anak yang baru lahir. Sahabat-sahabat kami (ulama-ulama dari kalangan madzhab Syafi’i) mengatakan, “ Disunahkan mengucapkan doa selamat sebagaimana yang bersumber dari Husein r.a. bahwasannya ia telah mengajarkan kepada orang-orang doa ucapan selamat. Katakanlah:

 Penjelasan Imam Nawani

“ baarakallahu laka fil mauhuub laka, wa syakartal waahib, wa balagha asyuddahu, wa ruziqta birrahu”

Artinya; Semoga Allah memberkahimu untuk anak yang diberikan kepadamu. Semoga engkaupun bersyukur kepada sang pemberi, dia dapat mencapai dewasa, serta engkau dikaruniai kebaikannya)" .

Doa tersebut menunjukkan bahwa orang yang sedang mengunjungi temannya yang sedang dikaruniai anak mengingatkan agar senantiasa bersyukur atas karunia yang telah diberikan Allah SWT berupa keturunan.

Juga mendoakan agar anak tersebut senantiasa diberkahi oleh Allah SWT, dapat tumbuh dengan sehat, serta dapat menjadi anak saleh yang senantiasa berbuat baik kepada orangtuanya.

Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Selanjutnya :

Pendidikan Seksual untuk Anak dalam Islam Dimulai dari 3 Hal Ini

Topik Terkait :

Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak

Jangan Lewatkan