Telantarkan Anak, Ini Hukumnya dalam Islam

Jika memang seorang ayah yang telah bekerja tapi tidak mencukupi kebutuhan si anak, maka...

Mutia Nugraheni
| 24 September 2018 18:12

Dream - Bayi-bayi yang baru lahir ditaruh begitu saja di tempat umum lalu ditinggalkan. Anak balita dibiarkan tak terurus. Anak remaja tak lagi diperhatikan kehidupannya. Banyak sekali kasus penelantaran anak yang sangat miris.

Bahkan bukan hanya ditelantarkan, anak-anak juga disiksa orangtuanya sendiri. Padahal sebagai umat muslim, merupakan kewajiban para orangtua untuk mengurus anak-anaknya. Seperti dikutip DalamIslam.com, Nabi Muhammad SAW bersabda:

" Pria adalah seorang pemimpin di dalam kelaurganya sebab dia akan ditanya tentang kepemimpinannya, wanita adalah pemimpin rumah suami dan anak-anaknya, dia akan ditanya tentang kepemimpinannya (HR Bukhari Muslim)" .

Penelantaran anak dalam kondisi apapun tak dibenarkan dalam Islam. Jika memang seorang ayah yang telah bekerja tapi tidak mencukupi kebutuhan si anak, maka ayah boleh meminta bantuan ahli waris anak karena ahli waris berkewajiban menafkahi si anak (Al-Baqarah: 233).

Jika si anak belum dewasa, maka ahli waris selain ayahnya adalah 3 pria yaitu kakek dari bapak, paman si anak atau paman sebapak dan 3 wanita yaitu ibu si anak, nenek dari pihak ibu anak atau nenek dari pihak ayah anak.

Selanjutnya :

Hukuman Bagi Orangtua yang Telantarkan Anak

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa

Jangan Lewatkan