Teladan Nabi Ibrahim untuk Membentuk Keturunan Sukses Dunia Akhirat

Dari banyak ajaran itu salah satu yang menjadi kunci pokoknya adalah kesalehan dan ketaatan orangtua kepada Tuhannya.

Mutia Nugraheni
| 18 Desember 2020 16:02

Dream - Hadirnya keturunan dalam sebuah pernikahan merupakah sebuah anugrah. Kita berharap memiliki anak-anak yang baik, menjadi generasi soleh dan soleha. Kelak, doa anak-anak yang saleh lah yang menjadi bekal kehidupan di akhirat setelah orangtua meningga.

Dikutip dari NU Online, di dalam Al-Qur’an secara tersirat maupun tersurat Allah banyak memberikan ajaran bagaimana menciptakan keturunan generasi penerus yang saleh, berkualitas, sukses dunia dan akhirat. Dari banyak ajaran itu salah satu yang menjadi kunci pokoknya adalah kesalehan dan ketaatan orangtua kepada Tuhannya.

Secara tersirat pesan ini disampaikan Allah dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 124 yang menceritakan perihal bagaimana Nabi Ibrahim melakukan ketaatan hingga berbuah keturunan yang dianugerahi kesuksesan. Allah berfirman:

 Albaqarah ayat 124

Artinya: “ Dan ingatlah ketika Ibrahim diuji oleh Tuhannya dengan beberapa perintah, maka ia melaksanakan perintah itu dengan sempurna. Tuhannya berkata, “ Sesungguhnya Aku menjadikanmu sebagai pemimpin bagi umat manusia.” Ibrahim berkata, “ (demikian pula) sebagian anak turunku.” Tuhannya berkata, “ Janjiku tidak berlaku bagi orang-orang yang berbuat aniaya.”

Secara garis besar ayat tersebut menceritakan tentang ujian yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Ibrahim ‘alaihissalam. Para ulama ahli tafsir berbeda pendapat tentang macam ujian yang diberikan Allah kepada nabi-Nya tersebut.

 

Selanjutnya :

Ujian dari Allah SWT

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan