Teladan Kelembutan Rasullullah SAW Pada Anak Tirinya

Rasulullah menikahi beberapa janda. Sebagian ada yang memiliki anak.

Mutia Nugraheni
| 4 Juni 2018 08:04

Dream - Nabi Muhammad SAW pernah menjadi seorang ayah tiri. Perlakuan beliau kepada anak-anak tirinya tak berbeda ketika menghadapi anak kandungnya. Sikapnya penuh kelembutan dan bisa menjadi teladan para orangtua yang juga memiliki anak sambung.

Setelah Khadijah meninggal dunia, seperti dikutip dari NU Online, Rasulullah menikahi beberapa janda. Sebagian ada yang memiliki anak, dan sebagian yang lain tidak. Dengan demikian ‘status’ Rasulullah bertambah. Bukan hanya menjadi suami, tapi juga menjadi ayah tiri.

Terkait hal ini, ada beberapa kisah yang menceritakan bagaimana hubungan Rasulullah dengan anak-anak tirinya. Pertama, Umar bin Ummu Salamah. Suami Ummu Salamah sebelumnya adalah Abu Salamah. Dia ditinggal mati suaminya lalu kemudian dinikahi Rasulullah.

Diriwayatkan bahwa pada saat pindah ke kediaman Rasulullah, Ummu Salamah membawa serta empat orang anaknya. Salah satunya adalah Umar bin Ummu Salamah. Umar mengatakan bahwa Rasulullah senantiasa memberinya bimbingan dan menganggapnya seperti anak sendiri.

“ Waktu muda di bilik Rasulullah aku pernah ceroboh memegang piring, lalu ia berkata 'Hai anak muda, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kanan, makanlah yang dekat denganmu', begitu beliau menegurku,” cerita Umat bin Ummu Salamah dalam buku Bilik-bilik Cinta Muhammad karya Nizar Abazhah.

Rasulullah juga mencurahkan kasih sayang dan kelembutan kepada Zainab, anak Ummu Salamah yang paling kecil. Suatu ketika Rasulullah masuk ke kamar Ummu Salamah, namun pada saat itu Zainab sedang menyusu kepada ibunya.

Melihat hal itu Rasulullah membiarkan Zaibab terus menyusu dan mengurungkan niatnya kepada Ummu Salamah. Lalu ia kemudian meninggalkannya. Kejadian seperti ini terjadi berulang kali.

Selengkapnya baca di sini.

Topik Terkait :

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie

Jangan Lewatkan