Teh Ninih Jelaskan Sebab Buah Hati Sulit Hentikan Kebiasan Buruk

Situasi ini kerap jadi sumber konflik antara orangtua.

Mutia Nugraheni
| 21 September 2021 14:08

Dream - Saat anak melakukan hal kurang baik, sebagai orangtua kita pastinya selalu mengingatkan. Terkadang anak melakukannya lagi dan lagi dan ayah bunda juga kembali memberi tahu.

Situasi ini kerap jadi sumber konflik antara orangtua. Anak memiliki kebiasaan buruk yang sulit dihentikan padahal sudah diperingatkan berkali-kali oleh orangtua.

Menurut Ustazah Ninih Muthmainnah atau akrab disapa Teh Ninih, lewat akun Instagram resminya @ninih.muthmainnah ada empat sebab anak sulit meninggalkan kebiasaan buruk meskipun sudah diingatkan orangtua. Apa saja?

- Anak tidak dipahamkan bahwa apa yang dilakukannya adalah keburukan
Saat memberi teguran pada anak, seperti melarang, jelaskan juga apa sebabnya. Pada beberapa kondisi, anak tak sepenuhnya mengerti alasan dilaran melakukan sesuatu. Saat anak bertanya jelaskan secara detail apa dampak yang mungkin muncul. Dengan begitu anak lebih mengerti alasan ia dilarang dan jadi menahan diri untuk melakukannya lagi.

- Orangtua tidak konsisten dengan apa yang diucapkan
Hal ini memang paling sulit dilakukan. Ayah bunda penting untuk konsisten jika melarang sesuatu dan kompak. Ada kalanya aturan yang dibuat longgar, diperbolehkan atau sangat ketat. Hal ini membuat anak jadi meremehkan dan mengulangi kebiasaan buruknya lagi.'

 

Selanjutnya :

Tegad dan Teladan

Webinar Ruang Keluarga So Klin Antisep

Jangan Lewatkan