Tayangan Lawas Ternyata Ini Bisa Bikin Anak Pintar

Bisa jadi rekomendasi tontonan berkualitas untuk buah hati.

Mutia Nugraheni
| 1 Juni 2019 10:27

Dream - Anak-anak saat ini sudah sangat akrab dengan YouTube. Sebagai orangtua, terutama ada anak yang masih balita, harus mensortir tontonan yang tepat bagi mereka.

Jika merasa bingung, ada rekomendasi program anak yang bisa ditonton si kecil. Tayangan tersebut merupakan program anak lawas, yang terbukti berdampak positif bagi perkembangan kognitif anak, yaitu Sesame Street.

Hal ini menurut penelitian berjudul Early Childhood Education by Television: Lessons from Sesame Street, yang dipublikasi di American Economic Journal

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak balita yang tidak sekolah dan menonton Sesame Street memiliki lonjakan nilai ujian yang serupa, bahkan sebanding dengan anak yang ikuti program pra-K formal.

" Sebuah uji coba kontrol acak skala kecil (RCT) yang dilakukan pada waktu itu menunjukkan bahwa pertunjukan tersebut memiliki dampak yang substansial dan langsung pada skor tes melek huruf dan angka pada usia tiga dan empat," tulis penelitian tersebut.

Tujuan asli Sesame Street awalnya adalah untuk menyamakan kesempatan anak-anak usia dini, yang tak bisa bersekolah untuk mendapat tontonan mendidik. Rupanya program ini berjalan dengan sangat baik.

Sesame Street mampu memberikan penontonnya peningkatan dalam aspek pendidikan. Termasuk peningkatan yang " cepat dan besar" dalam nilai ujian. Peningkatan ini paling jelas terjadi pada anak laki-laki.

Tak ada salahnya ajak si kecil menonton tayangan ini.

Sumber: Todays Mama

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya

Jangan Lewatkan