Tantangan Mengasuh Anak Bagi Orangtua Milenial

Mengasuh di era internet seperti sekarang dengan informasi yang membanjir bukan perkara mudah.

Mutia Nugraheni
| 10 Agustus 2019 10:18

Teknologi yang bisa dikontrol

Ada banyak sekali efek negatif dari teknologi, yang lebih meresahkan adalah anak-anak yang belum bisa bijaksana memilah mana yang positif dan negatif.

Ketika orang tua tidak bisa mengawasi anak selama 24 jam dan kesibukan orang tua sehari-hari menjalankan berbagai peran di kehidupannya, anak tetap bersentuhan secara langsung dengan teknologi. Oleh karena itu, orang tua hendaknya bijaksana dalam melilih gadget untuk anak.

Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Seto Mulyadi mengatakan bahwa teknologi ibaratnya sebilah pisau yang bisa memberikan efek positif dan negatif tergantung penggunaannya yang tentunya harus dengan kontrol dari orangtua.

"Teknologi yang baik untuk anak yaitu teknologi yang diarahkan untuk kepentingan anak, yang tidak mengesampingkan hak anak untuk tumbuh secara optimal, termasuk hak belajar, bermain, dan mengandung unsur keamanan dan perlindungan bagi anak," ujar Kak Seto

Saat ini sedang populer produk watch phone, mungkin bisa jadi pertimbangan bagi para orangtua. Salah satunya Imoo Watchphone, jam pintar ini membuat kontrol teknologi sepenuhnya ada di tangan orangtua tapi anak yang menggunakanya. Penggunaannya diklaim membuat komunikasi orangtua dan anak selalu terjaga.

Selanjutnya :

Deretan Cara Motivasi Anak Belajar Tanpa Mengomel

Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting

Jangan Lewatkan