Tanamkan Hal Ini Agar Buah Hati Semangat Berpuasa

Selalu dampingi dan berikan semangat untuk anak-anak yang berpuasa.

Mutia Nugraheni
| 8 Mei 2019 16:09

Dream - Menjalani ibadah puasa bagi anak-anak, tentu bukan hal mudah. Mereka yang selalu aktif bermain dan berlarian, harus mengontrol diri agar tidak haus dan lapar karena menjalani puasa.

Sebagai orangtua, kita harus selalu memberi semangat pada anak, terutama yang baru belajar puasa agar bisa menjalani ibadah dengan baik. Coba tanamkan nilai-nilai ini pada si kecil, agar ia semakin bersemangat untuk berpuasa.

1. Puasa Baik untuk Kesehatan Tubuh
Menahan lapar dan haus selama puasa bukanlah hukuman atau siksaan. Bahkan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Di sini kita bisa melatih anak untuk bisa membiasakan makan dengan cukup, tidak berlebihan, dan memilih makanan yang halal serta baik untuk tubuh. Ibarat mesin yang perlu diistirahatkan agar tidak rusak, sistem pencernaan kita juga perlu diberi waktu istirahat agar tetap sehat.

2. Berempati
Di sekeliling kita mungkin ada orang-orang yang kekurangan atau tidak bisa selalu makan enak setiap harinya. Dengan membuat anak berlatih puasa dan merasakan langsung rasanya menahan lapar serta haus seharian, kita bisa melatih mereka berempati. Ke depannya mereka bisa lebih mudah berempati dan lembut hatinya untuk menolong orang-orang yang mungkin masih kekurangan atau tidak seberuntung mereka.

3. Selalu bersyukur
Bila selama ini kita dengan mudahnya membuang makanan karena merasa tidak sesuai selera, dengan melatih anak puasa maka kita juga bisa mengajarinya untuk lebih banyak bersyukur. Bisa menikmati semangkuk kolak setelah seharian berpuasa misalnya, bisa memberi pengalaman pada anak bahwa hal-hal sederhana yang selama ini sering diabaikan ternyata bisa memberi kebahagiaan yang luar biasa. Dan itu semua perlu disyukuri untuk bisa merasakan kebahagiaan.

4. Lebih sering bersama
Waktu sahur dan berbuka bisa dijadikan momen makan bersama. Selama ini mungkin seringkali tak bisa makan bersama karena kesibukan atau jadwal makan yang berbeda-beda. Momen kebersamaan bisa makan bersama saat sahur dan berbuka bisa melipatgandakan rasa bahagia. Selain itu, momen berbagi dengan sesama saat sahur dan berbuka juga bisa jadi cara untuk memberi makna bahwa dengan memberi kita bisa lebih merasa bahagia daripada yang diberi.

Laporan Endah Wijayanti/ Sumber: Fimela.com

 

Fasilitas Umum Mulai Diperbaiki Pascakerusuhan 22 Mei

Jangan Lewatkan