Tak Merasa Nyaman dan Stres Saat Hamil? Segera Cari Pendampingan

Mendengar banyak ibu bisa menikmati kehamilannya mungkin membuat 'terintimidasi'.

Mutia Nugraheni
| 18 Desember 2020 10:03

Dream - Perubahan hormon yang terjadi saat hamil membuat perubahan drastis pada tubuh ibu. Ada yang merasa penuh semangat, berenergi, namun banyak juga yang sebaliknya. Stres, penuh beban, tak nyaman dan merasa tersiksa.

Mendengar banyak ibu bisa menikmati kehamilannya mungkin membuat 'terintimidasi'. Padahal faktanya tak semua ibu bisa menikmati proses kehamilan. Seperti kita tahu, ibu hamil mengalami kenaikan berat badan, sensitif, penuh rasa khawatir.

Menurut Jasmin Tecson, seorang bidan profesional asal Toronto, hal itu normal. Perasaan ini muncul bahkan dengan kehamilan yang memang disiapkan, atau yang telah dicapai dengan kerja keras.

" Ada banyak konstruksi tentang betapa mulianya kehamilan. Ini adalah waktu yang spesial, tetapi juga merupakan periode perubahan fisik, mental dan emosional yang sangat intens. Beberapa emosi negatif bisa jadi sangat normal, dan penting untuk mengetahuinya, atau ibu bisa merasa terisolasi dan bersalah," kata Tecson, seperti dikutip dari Todays Parent.

 

Selanjutnya :

Bisa Jadi Depresi Pascamelahirkan

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan