Tak Boleh Lupa, 3 Tuntunan Alquran Demi Jaga Keharmonisan Keluarga

Kunci ketenangan hidup berasal dari rumah.

Mutia Nugraheni
| 22 Juni 2020 08:03

Dream - Membangun rumah tangga dalam sudut pandang Islam, adalah sebagaiibadah dan nikmat yang sangat agung. Pernikahan dan keluarga yang harmonis merupakan kunci kesuksesan mencetak generasi umat Islam yang berkualitas.

Dikutip dari NU Online, ada tiga hal penting dalam menjaga keharmonisan rumah tangga yang dikabarkan oleh Alquran. Pertama, selalu melihat pasangan sebagai seorang sahabat menjalani perjalanan hidup yang setara.

Dalam hal kewajiban dan hak tentu suami dan istri memiliki peran yang berbeda. Akan tetapi, setiap dari keduanya tidak boleh merasa lebih tinggi derajatnya dari yang lain. Justru kelebihan yang Allah berikan di antara keduanya adalah bekal untuk mengemban tanggung jawab dalam keluarga.

Bagaimana tidak, meskipun keduanya diciptakan dengan kepribadian dan bentuk yang berbeda secara fisik, akan tetapi Alquran tidak pernah menyebut seorang istri dengan lafal zaujah. Justru, Alquran menyebut istri dengan lafal zauj dalam banyak ayat.

Seperti yang tertulis dalam surah Annisa ayat 1:

 Annisa ayat 1


Artinya: Wahai manusia! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)-nya..."

Lalu tertulis juga di surah Al-A'raf ayat 129:

 Surat Al Araf ayat 129

" Dialah yang menciptakan kamu dari jiwa yang satu (Adam) dan daripadanya Dia menciptakan pasangannya" (QS Al-A'raf: 129).

Dalam bahasa Arab, lafal zauj dipakai untuk makna suami sedangkan lafal zaujah dipakai untuk makna istri. Akan tetapi Al-Qur'an menyebut istri dengan lafal zauj (???) selayaknya menyebut seorang suami.

Ibnu Asyur dalam tafsir Tahrir wa Tanwir menyatakan penyebutan tersebut sebagai pertanda bahwa ketika seorang laki-laki dan perempuan menikah maka keduanya memiliki kesetaraan sebagai dua insan yang bersatu dalam biduk rumah tangga.

 

Selanjutnya :

Semangat Ibadah

Cerita dan Music Bersama Ify Alyssa | Online Dream Camp 2020

Jangan Lewatkan