Tahapan yang Harus Dilalui Anak untuk Memotivasi Diri Sendiri

Membantu anak untuk mengembangkan motivasi diri itu penting tetapi bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

Mutia Nugraheni
| 23 Februari 2021 10:06

Tahapan Penting

Anak akan melewati beberapa tahapan ketika dia memotivasi dirinya sendiri. Pertama disebut dengan prakontemplasi. Tahap yang pertama ini yaitu ketika anak merasa bahwa tak ada yang perlu berubah dalam dirinya. Ia tak punya niatan untuk mengubah perilakunya.

Tahap yang selanjutnya yaitu kontemplasi. Anak mulai mempertimbangkan jika perilaku mereka berubah mungkin akan mendatangkan manfaat. Namun, buah hati mungkin masih berpikir apakah dia harus berubah atau tidak. Orangtua bisa membantu anak dengan menjelaskan keuntungan dan kerugian yang akan dia dapatkan dari mengubah perilakunya atau tidak.

Berikutnya yaitu tahap penentuan atau persiapan. Anak sudah mengetahui bahwa dia akan mendapatkan lebih banyak manfaat bila mengubah perilakunya tetapi sayangnya belum ada tindakan nyata yang dilakukan anak untuk berubah.

"Bila anak memang mengalami masalah ini coba bantu anak dengan membuka diskusi, apa yang harus pertama dilakukan, bisa jadi anak bingung sehingga dia pun bisa bertindak secara nyata," ungkap Kang.

Kemudian, memasuki tahapan yang lain yaitu tindakan. Di sinilah anak sudah percaya betul harus mengubah perilakunya dan mulai aktif melakukannya. Penjelasan selengkapnya baca di Diadona.id.

Selanjutnya :

Hindari Sikap yang Bikin Anak Tak Beranjak Dewasa

MUI Minta Pemerintah Cabut Perpres Investasi Miras

Jangan Lewatkan