Tahapan yang Harus Dilalui Anak untuk Memotivasi Diri Sendiri

Membantu anak untuk mengembangkan motivasi diri itu penting tetapi bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

Mutia Nugraheni
| 23 Februari 2021 10:06

Dream - Keinginan kuat untuk melakukan atau menyelesaikan sesuatu tak bisa datang dari orang lain, harus dari diri sendiri. Memotivasi diri sendiri dalam banyak hal merupakan modal penting bagi anak-anak dan remaja.

Terutama ketika mereka mulai memiliki target tertentu yang ingin dicapai. Sebagai orangtua, tentu kita kerap mengingatkan dan menyuruh anak untuk terus mengejar apa yang diinginkan dan untuk masa depannya.

Setiap anak tentunya mempunyai motivasi diri yang berbeda-beda satu sama lain Shimi Kang, MD, psikiater anak dan orang dewasa, mengungkapkan dalam buku The Self-Motivated Kid; How to Raise Happy, Healthy Children Who Know What They Want and Go After it (Without Being Told), tentang motivasi diri pada anak-anak.

" Membantu anak untuk mengembangkan motivasi diri itu penting tetapi bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Motivasi diri ini pun sifatnya dinamis dan bisa bergantung pada berbagai faktor. Beberapa orang biasanya akan melewati beberapa tahap sebelum perilakunya berubah," ujar Kang.

 

Selanjutnya :

Tahapan Penting

Satu Juta Populasi Di Indonesia Pernah Terinveksi Covid-19

Jangan Lewatkan