Syarat Penting Saat Ingin Sekolahkan Anak Balita

Pilih sekolah yang memiliki metode bermain sambil belajar.

Mutia Nugraheni
| 20 September 2019 16:03

Dream - Anak sudah lincah dan pintar berbicara, apa sudah saatnya mereka masuk sekolah? Eits, belum tentu. Menurut Psikolog anak dan keluarga, Rosdiana Setyaningrum, anak bisa bersekolah ketika mereka sudah mandiri.

Menurutnya, anak yang mandiri adalah anak yang sudah bisa melakukan hal kecil sendiri, seperti bisa kenali hasrat buang air dan makan sendiri. Rosdiana memaparkan, kemandirian anak terbentuk saat mereka menyentuh usia dua tahun. Hal yang juga sangat penting adalah memilih sekolah yang tepat.

" Umur dua itu kan harusnya dia udah bisa mulai lumayan bisa makan sendiri. Sebenarnya yang penting bukan umurnya tapi pilihan sekolahnya," kata Rosdiana dalam acara talkshow bersama S-26 Procal Gold, di Soehanna Hall, Jakarta, Kamis, 19 September 2019.

Pilih sekolah yang memiliki metode bermain sambil belajar. Bukan hanya menekankan pada aspek akademik. Nah, cara belajar anak balita yang paling ideal adalah dengan metode yang mengembangkan sensorisnya. Seperti bermain, bernyanyi, menari, dan aktivitas lain yang mengharuskan bergerak.

Rosdiana sangat melarang untuk menyekolahkan anak di sekolah yang hanya duduk diam dan menulis. Hal ini dikarenakan anak balita, sedang mengembangkan kemampuan otak kanannya.

Selanjutnya :

Aktivitas fisik

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone

Jangan Lewatkan