Suami-Istri Hubungan Seperti Ini Beresiko Keguguran?

Ini penjelasan lengkapnya.

Cynthia Amanda Male
| 8 April 2019 13:50

Dream Berhubungan suami istri dengan cara oral telah dikaitkan dengan berkurangnya kejadian keguguran berulang, menurut sebuah studi baru yang dilakukan di Belanda.

Keguguran berulang terjadi ketika seorang wanita mengalami tiga atau lebih keguguran sebelum usia kandungan mencapai minggu ke 20.

Masalah keguguran berulang ini telah mempengaruhi sekitar 1 persen wanita, meskipun beberapa perkiraan menyebutkan jumlah yang lebih tinggi.

Penyebab keguguran berulang dapat bervariasi, mulai dari kelainan rahim, gangguan endokrin, bawaan ibu, trombofilia bawaan, dan kelainan kromosom orang tua.

Tetapi bagi sebagian besar pasangan, penyebab berbagai keguguran berulang tidak pernah benar-benar teridentifikasi.

 Pertanda Keguguran yang Harus Diwaspadai

Menurut tim dokter kandungan dari Pusat Medis Universitas Leiden di Belanda, selama ini keguguran berulang selalu dikaitkan dengan sistem kekebalan tubuh ibu.

Sedangkan faktor paternal belum pernah disentuh sama sekali. Meski sebuah riset menyebutkan laki-laki, terutama air mani mereka, dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh wanita sebelum dan sesudah pembuahan.

Dilansir dari Science Alert, pengaruh tersebut tidak hanya bisa melalui hubungan seksual normal, tetapi juga oral.

Satu studi pada tahun 2000 menemukan bahwa tindakan menelan sperma berkorelasi terhadap berkurangnya kejadian preeklampsia pada wanita.

Preeklampsia adalah kondisi yang terjadi pada kehamilan yang memasuki usia minggu ke-20. Yang ditandai dengan tingginya tekanan darah tinggi, gejala proteinuria (kenaikan protein di dalam urin), serta bengkak pada kaki dan tangan (edema).

Tentu saja studi di Leiden ini tidak mengatakan orang harus atau tidak harus melakukan oral. Tapi tim dari Belanda hanya tertarik untuk mengetahui sudut biologi dari kaitan ini lebih jauh.

Selanjutnya :

Mungkin Mempengaruhi Kehamilan Secara Positif

Topik Terkait :

Alasan Nada Zaqiyyah Terjun Sebagai Desainer Fashion Muslim

Jangan Lewatkan