Stres Ibu Mencapai Puncaknya Saat Anak dalam Kondisi Ini

"Tidak ada cukup ruang di kepala Anda untuk kesempurnaan".

Mutia Nugraheni
| 24 Oktober 2018 10:11

Dream - Kondisi anak selalu menyita perhatian orangtua terutama ibu. Baik itu anak pertama, anak kedua dan seterusnya. Jumlah anak yang dimiliki juga sangat berpengaruh pada level stres ibu.

Menjadi orangtua dengan tiga anak ternyata paling berat dibandingkan dengan jumlah lainnya, baik lebih sedikit atau lebih banyak. Hal ini terungkap dalam survei yang dilakukan oleh Today.

Diketahui, ibu yang memiliki tiga anak lebih stres daripada mereka yang memiliki anak lebih sedikit. Dari studi ini juga ditemukan bahwa ibu dengan lebih dari empat anak bahkan memiliki tingkat stres yang lebih rendah.

" Tidak ada cukup ruang di kepala Anda untuk kesempurnaan ketika memiliki empat atau lebih anak-anak," ujar Dr. Janet Taylor mengutip dari New York Post.

Semakin banyak anak yang dimiliki, semakin percaya diri seorang ibu dalam mengasuh anak. " Anda harus melepaskannya dan kemudian bersyukur ketika mereka semua pergi sekolah tepat waktu," ujar Taylor.

Dalam studi tersebut, survei dilakukan pada 7.000 ibu. Mereka kemudian diminta melaporkan tingkat stres dengan skala satu sampai sepuluh. Rata-rata, mereka berada di angka 8,5.

Sebanyak 46 persen mengatakan bahwa pasangan mereka lebih membuat stres ketimbang anak-anak. Sekitar 75 persen ibu juga mengatakan bahwa stres berasal dari tekanan yang diberikan pada diri sendiri, untuk menyelamatkan citranya di depan orangtua lain.

" Saya merasa kami menilai diri sendiri dengan lebih kejam daripada orang lain," ujar Jill Smokler, pemilik blog Scary Mommy yang juga memiliki tiga anak.

" Ketika berpindah dari satu (anak) ke dua (anak) adalah transisi yang mudah," ujar ibu asal Maryland, Amerika Serikat tersebut.

" Dua ke tiga, semuanya terbalik. Saya merasa tidak mampu untuk menjaga mereka semua bersamaan... hanya menyeberang jalan dan tidak bisa secara fisik memegang tangan mereka semua, itu terasa sangat stres," tambah Smokler.

Sumber: Giovani Dio/ Liputan6.com

Topik Terkait :

4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian

Jangan Lewatkan