Sosok Perempuan yang Merupakan 'Ibu Kedua' Nabi Muhammad SAW

Nabi SAW pernah berkata "Ummu Aiman adalah ibuku setelah ibu kandungku".

Mutia Nugraheni
| 6 Juni 2018 16:06

Dream - Sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW selalu menarik untuk disimak. Terutama cerita soal masa kecil beliau. Salah satu yang mungkin belum banyak diketahui adalah pengasuh Rasulullah yang sudah dianggap seperti Ibu dan juga jadi pengikut setianya.

Pengasuh tersebut bernama Ummu Aiman. Dikutip dari Bincang Syariah, Ummu Aiman memiliki nama asli Barakah binti Tsa’labah bin Amru bin Hisn bin Malik bin Salamah bin Amru bin an-Nu’man. Perempuan berkebangsaan Habasyah (Etiopia) ini lebih dikenal di masyarakatnya dengan nama ‘Ummu Aiman’ yang berarti ibunya Aiman, karena ia memiliki anak laki-laki bernama Aiman dari perkawinannya dengan Ubaid bin al- Haris al-Khazraji di masa Jahiliyyah.

Ubaid meninggal dunia ketika mereka hijrah ke Madinah yang saat itu masih bernama Yastrib. Ummu Aiman pernah menjadi budak dari ayah Nabi SAW yakni Abdullah bin Abdul Muthalib yang kemudian diwariskan kepada Nabi SAW. Oleh karena itu, ialah perempuan yang pertama kali turut andil dalam pengasuhan Nabi SAW.

Ummu Aiman seringkali membantu Siti Aminah, mengurus Muhammad kecil. Setelah Nabi SAW dewasa dan menikah dengan Khadijah RA, Ummu Aiman dimerdekakan dari status kehambaannya.

Nabi Muhammad SAW sangat menyayangi dan menghormati Ummu Aiman seperti ibu kandungnya sendiri. Sebagaimana riwayat dari Ahmad bin abi khaisamah dari sulaiman bin abi syaikh di dalam kitab al-Isti’ab menyebutkan bahwa Nabi SAW pernah berkata " Ummu Aiman adalah ibuku setelah ibu kandungku" .

Dikisahkan pula dari Abu Umar ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW sering mengunjungi Ummu Aiman. Setelah Nabi SAW wafat, Abu Bakar dan Umar pun sering mengunjungi Ummu Aiman di tempat tinggalnya sebagaimana Rasulullah SAW melakukannya.

Menurut riwayat al Waqidi, Ummu Aiman juga turut hadir di medan peperangan seperti perang Uhud untuk menjadi relawan yang menyediakan minuman dan mengobati korban perang, begitu juga di perang Khaibar. Anak kandungnya Aiman pun juga turut ikut andil dalam peperangan, bahkan ia tercatat sebagai syuhada’ dalam perang Hunain.

Baca selengkapnya di sini

Topik Terkait :

Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal

Jangan Lewatkan