Simak 'Aturan Gadget' di Rumah Bill Gates, Bisa Jadi Inspirasi

Hal yang dibutuhkan adalah aturan dan kebijaksanaan, agar anak menggunakan gadget dengan bertanggung jawab.

Mutia
| 7 November 2018 08:13

Dream - Gadget tak bisa dilepaskan dari kehidupan anak-anak zaman sekarang. Seluruh aspek kehidupan saat ini memang sangat mengandalkan teknologi. Sebagai orangtua kita tak mungkin melarang anak menggunakan ponsel atau gadget.

Hal yang dibutuhkan adalah aturan dan kebijaksanaan, agar anak menggunakan gadget dengan bertanggung jawab. Bill Gates, maestro teknologi, punya aturan sendiri yang ia terapkan di rumah terkait penggunaan ponsel dan gadget pada anak-anaknya.

Dalam wawancaranya dengan Mirror, Bill Gates mengatakan bahwa anak-anaknya tidak diizinkan untuk memiliki ponsel sendiri sampai usia 14 tahun. " Kami sering mengatur waktu di mana tidak ada waktu di layar dan pada kasus mereka, membantu untuk tidur dengan jam yang wajar," kata Bill Gates seperti dikutip dari Upworthy.

Gates mengatakan sekalipun anak-anaknya tidak diizinkan menggunakan ponsel di meja, mereka boleh memakainya untuk mengerjakan pekerjaan rumah atau belajar.

Anak-anak Gates sendiri saat ini sudah berusia 20, 17, dan 14 tahun. Namun, ketiganya dilarang menggunakan produk Apple di rumahnya akibat persaingan antar dua industri raksasa teknologi Apple dan Microsoft.

Kepala Eksekutif Common Sense Media, sebuah organisasi nirlaba yang mengulas konten dan produk keluarga, James P. Steyer, mengatakan pada Times, dia juga memiliki aturan ketat terkait dengan ponsel dan anak-anaknya.

Steyer mengatakan, anak-anak boleh punya ponsel ketika sudah bersekolah di tingkat atas. Selain itu, jika sudah mampu mengendalikan dirinya.

" Usia seorang anak tidak sepenting tanggung jawab atau tingkat kedewasaannya sendiri," ujar Steyer.

Sumber: Giovani Dio/ Liputan6.com

Topik Terkait :

Bayar Tiket Bus Pakai Sampah Plastik di Surabaya

Jangan Lewatkan