Sikap Orangtua yang Membandingkan Bisa Picu Konflik Sengit Kakak Beradik

Jangan pernah melakukannya.

Mutia Nugraheni
| 25 Januari 2021 10:00

Dream - Bersikap adil memang sangat sulit, namun bukan berarti tak bisa diusahakan. Terutama adil pada anak-anak yang lahir dari buah cinta. Banyak orangtua menganggap kelebihan tiap anak harus sama.

Adik diminta mencotoh kelebihan kakak dan sebaliknya. Maksud hati mungkin ingin mencontohkan kebaikan, padahal hal tersebut malah bisa menimbulkan perpecahan. Dilansir dari I Heart Intelligence, hubungan saudara kandung harusnya dibangun atas dasar cinta, rasa hormat, salin, dan perhatian.

Tak bisa dipungkiri jika hubungan ini sangat sulit dan rumit. Apalagi jika hubungan persaudaraan berasal dari keluarga yang tak berfungsi sebagaimana mestinya. Kenyataannya dalam keluarga yang sehat aja beberapa saudara kandung bisa tak akur bahkan menjadi saingan.

Banyak alasan yang menyebabkan hubungan persaudaraan tak berjalan mulus, namun sikap orang tua yang toxic bisa menjadi penyebab yang paling umum. Jika orangtua punya anak kesayangan dan dengan terang-terangan menunjukkannya, maka tak heran jika hubungan persaudaraan antar anak terasa seperti sebuah persaingan.

Selain itu, sikap orangtua yang narsis, suka mengontrol, atau manipulatif juga akan membahayakan anak-anak mereka di masa depan. Lebih jauh lagi, orang tua narsistik dapat menggunakan strategi pengendalian pikiran dan manipulasi yang dapat merusak hubungan antar saudara.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya kita terus mengevaluasi tindakan yang kita lakukan pada anak-anak. Usahakan untuk selalu berlaku adil pada setiap anak agar mereka tak merasa mendapatkan kasih sayang yang berbeda. Selengkapnya baca di Diadona.id.

Selanjutnya :

Hubungan Kakak Adik Punya Ikatan Kuat, Orangtua Penting Lakukan Ini

Ust Yusuf Mansur Dilarikan Ke RS

Jangan Lewatkan