Sikap Buah Hati yang Bisa Jadi Pertanda Stres

Waspada jika anak bersikap seperti ini.

Mutia Nugraheni
| 11 Oktober 2021 10:06

Dream - Orangtua tentunya selalu menginginkan anak dalam kondisi bahagia dan sehat secara mental. Faktanya, anak juga kerap mengalami tekanan dan masalah yang mungkin bisa memicu stres pada dirinya.

Kehidupan seorang anak bisa sama stresnya dengan orang dewasa dan mereka tidak sepenuhnya siap untuk menangani stres ini secara sehat. Setiap anak bereaksi berbeda terhadap peristiwa yang membuat stres.

Bisa karena perceraian orangtua, kematian keluarga, kesulitan di sekolah atau pindah rumah. Anak membutuhkan bantuan dari orang dewasa atau orangtua untuk memproses stres ini," ungkap Amy Morin, seorang terapis keluarga.

Lalu apa tanda stres pada anak? Salah satu yang paling menonjol adalah perubahan sikap anak. Jika anak yang biasanya berperilaku baik tiba-tiba mulai marah atau mendapat masalah di sekolah, bisa menjadi tanda bahwa dia sedang stres.

" Tanda-tanda perilaku bahwa seorang anak sedang mengalami stres meliputi kemarahan, perilaku agresif, mantra menangis, dan pembangkangan. Ada sejumlah tanda non-perilaku juga. Seperti mengompol, keluhan sakit fisik seperti sakit perut atau sakit kepala, dan masalah akademik," ungkap Morin.

 

Selanjutnya :

Perubahan Drastis

Dreamitie Online Meet Up

Jangan Lewatkan