Siapkan Buah Hadapi Sakitnya Penolakan

Penting bagi orangtua membantu anak memahami bahwa penolakan adalah hal wajar yang bisa terjadi pada siapapun.

Mutia Nugraheni
| 20 Januari 2017 20:00

Dream - Penolakan terjadi pada semua orang. Termasuk anak-anak di sekolah. Ketika sekolah bertemu guru serta banyak teman, anak akan mendengar banyak opini. Pendapat dan keinginan mereka pun tak akan selalu terpenuhi.

Misalnya ketika mengerjakan tugas kelompok, anak ingin mengerjakan dengan idenya sendiri. Tapi teman-temannya tak setuju. Hal ini tentu bisa membuatnya merasa kecewa, marah, dan sedih. Penting bagi orangtua untuk membantu anak memahami bahwa penolakan adalah hal wajar yang bisa terjadi pada siapapun.

Penolakan juga tak harus dihadapi dengan sikap yang buruk. Ajak anak untuk bisa menerima dan menghargai pendapat dan keputusan orang lain. Bagaimana caranya?

1. Contoh positif
Anak selalu melihat orangtua dan orang di sekitarnya sebagai contoh. Usahakan sebagai orangtua Anda juga mengkondisikan situasi di mana anak bisa belajar menghadapi penolakan. Misalnya ketika memutuskan akan makan di mana saat akhir pekan. Minta pendapat anak, lalu ungkapkan juga pendapat Anda.

Biarkan ayah yang memutuskan. Jika ayah memutuskan mengikuti pendapat anak, mintalah alasannya. Tunjukkan pada sikap Anda yang positif mengikuti suara terbanyak. Anak pasti akan belajar banyak hal dari hal tersebut.

2. Ceritakan pengalaman
Anda juga bisa menceritakan pengalaman saat menghadapi penolakan. Misalnya saat kecil dan tak boleh masuk Paskibra oleh kakek karena memiliki penyakit asma. Cerita pengalaman ini biasanya sangat mengena. Lalu ungkapkan juga solusi dan cara menghadapi kekecewaan itu. Contohnya, " akhirnya mama/papa ikut les renang, tubuh jadi sehat dan jarang lagi kena serangan asma" .

3. Minta pendapatnya
Cari tahu juga apa yang anak rasakan jika ia ditolak di kelompok pertemanan. Atau ketika ia mengikuti seleksi lomba MIPA mewakili sekolah tapi namanya tidak lolos. Minta pendapat anak untuk tahu apa yang ia rasakan. Setalah Anda tahu, ungkapkan padanya kalau tak selamanya yang mereka inginkan bisa tercapai. Penolakan dan kegagalan akan selalu ada dan mereka harus menghadapinya dengan bijak.

Sumber: Momtastic

 

Topik Terkait :

Ria Irawan Larang Rano Karno Jenguk Dirinya, Kenapa?

Jangan Lewatkan