Si Kecil Suka Gigit Banyak Benda? Hentikan dengan Cara Ini

Ketika si kecil ingin mengeksplorasi sesuatu, ia akan refleks memasukan benda yang ia temukan ke dalam mulut.

Mutia Nugraheni
| 23 Desember 2017 17:23

Dream - Ketika si kecil sudah mulai bereksplorasi, terutama di usia 1 tahun mereka akan memasuki fase oral. Dalam fase ini perkembangan oral motoriknya akan berkembang pesat. Mereka pun butuh banyak 'tantangan'.

Bukan hanya ingin mengunyah makanan yang empuk tapi juga benda-benda di sekitarnya yang menarik perhatian, termasuk tanah, daun atau benda kotor lainnya. Tentu saja hal ini bisa bikin si kecil terpapar bakteri yang bisa membuatnya diare.

Ketika si kecil berkeinginan untuk mengeksplorasi sesuatu, ia akan refleks memasukan benda yang ditemukan dalam mulutnya. Tindakan tersebut dilakukan agar ia memahami
bagaimana bentuk, rasa dan tekstur dari objek yang ia rasakan.

Idealnya, bayi akan berhenti memasukan benda asing ke dalam mulutnya ketika menjelang usia dua tahun. Beberapa bayi bahkan membutuhkan waktu yang lebih lama. Jangan panik ketika ia masih memiliki kebiasaan tersebut ketika hampir menginjak usia balita.

Anda harus jeli dalam melihat benda apa saja yang ditemuinya ketika sedang bereksplorasi. Ada beberapa tips untuk mengatasi kebiasaan menggigit benda asing pada balita.

Jangan dibentak
Bayi akan memasukan benda apa saja yang membuatnya penasaran. Membentaknya memang dapat menurunkan kebiasaan tersebut, namun juga akan menumpulkan semangat untuk
belajar. Jadi, tarik perlahan benda yang akan dimasukkan ke dalam mulutnya dan singkirkan jauh-jauh. Lagipula meski dibentak dan dimarahi, si kecil belum bisa mengerti.

Singkirkan benda berbahaya
Bayi cenderung lebih memiliki ketertarikan pada benda-benda yang bersinar, memiliki tali dan sesuatu yang menggantung. Perhatikan area sekitar tempat bayi bermain dan singkirkan
benda yang sekiranya berbahaya seperti benda beracun, tajam serta benda kecil yang mudah tertelan.

Ajari arti kata 'tidak'
Ada saatnya ketika bayi mulai usil dengan memilih benda yang tidak seharusnya ia pegang. Mengajarinya kata 'tidak' akan membantunya untuk mengurangi kebiasaan memasukan benda
asing pada mulut. Tentu saja ia tidak akan menurut pada waktu pertama, untuk itu Anda harus terus mencoba dan bersabar.

Gunakan teether
Teether atau mainan gigit untuk bayi bisa dijadikan andalan untuk bayi yang sedang suka menggigit. Terkadang, mereka memasukan benda asing karena gusinya terasa gatal akibat proses pertumbuhan gigi. Berikan teether berbahan lembut dan kenyal untuk menghilangkan rasa gatal serta merangsang pertumbuhan giginya.

Laporan Annisa Mutiara

Sumber: Momjunction

Topik Terkait :

Fico Fachriza, Masuk Lingkaran Narkoba di Kalangan Komika

Jangan Lewatkan