Selama Pandemi, Ibu Rentan Alami Stres Akut

Stres yang tidak dikelola dengan baik, bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mental.

Shania Suha Marwan
| 7 September 2020 16:01

Dream - Perubahan kebiasaan dengan cepat harus dilakukan karena pandemi covid-19. Tak terkecuali dalam rumah tangga. Seperti yang kita tahu, sebagian besar sekolah masih menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Pendampingan orangtua sangat dibutuhkan dalam PJJ. Dalam hal ini biasanya para ibu yang turun tangan langsung. Para ayah lebih fokus pada pekerjaan. Sementara ibu bekerja harus ektra usaha sambil bekerja juga mendampingi putra-putrinya belajar di rumah.

Belum lagi ditambah urusan rumah tangga lainnya yang harus dikerjakan ibu. Tak heran kalau selama pandemi ibu sangat berisiko mengalami stres berat.

Stres yang tidak dikelola dengan baik, bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mental secara berkepanjangan. Hal ini pada gilirannya akan mempengaruhi cara pengasuhan dan interaksi sehari-hari dengan anak yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang mereka.

" Kita bisa mencegah stres dengan menjaga rutinitas sehari-hari secara konsisten, berbagi tugas dengan suami atau pengasuh lainnya, mengatur ekspektasi yang sehat dalam menjalani kehidupan sehari-hari, serta melakukan self-care baik dari fisik maupun mental," kata Saskhya Aulia Prima, M.Psi, Psikolog anak dan Co-Founder Rumah Konsultasi TigaGenerasi dalam acara webinar berjudul “ Ibu Sehat, Keluarga Sehat” yang digelar oleh Aqua, beberapa hari lalu.

 

Selanjutnya :

Perhatikan Asupan

Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak

Jangan Lewatkan