Sekolah Tatap Muka Terbatas Juli 2021, Pemerintah Lakukan 5 Tahapan

Pembukaan sekolah bukan berarti proses belajar mengajar dilakukan seperti sebelum pandemi.

Mutia Nugraheni
| 30 Maret 2021 14:03

Skrining Berkala

Lalu tahap ketiga, penentuan Prioritas yang mencakup simulasi pembukaan oleh institusi percontohan terlebih dahulu. Seluruh elemen yang terlibat harus memastikan seluruh aspek kegiatan belajar, mulai dari siswa berangkat sampai pulang ke rumah, karena peluang penularan dapat terjadi di mana saja.

"Transparansi operasional institusi percontohan harus mampu menjadi bahan evaluasi kebijakan bagi insiusi pendidikan lainnya, daerah maupun kebijakan di tingkat nasional," ungkap Wiku.

Tahap keempat, adalah tahapan koordinasi pusat dan daerah, yaitu dinas kesehatan, dinas pendidikan, serta institusi pendidikan dan orangtua murid. Koordinasi yang baik menjadi kunci identifikasi masalah sedini mungkin, agar dapat dicarikan solusinya segera dengan gotong royong antar elemen masyarakat maupun pemerintah.

Tahap kelima, ialah tahapan monitoring dan evaluasi pemantauan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan evaluasi sesuai skenario pengendalian COVID-19 dengan prinsip kebijakan gas dan rem. Wiku juga mengingatkan, bagi institusi pendidikan yang sudah membuka kegiatan pendidikan agar tetap waspada dengan perkembangan terkini dari penanganan COVID-19.

"Dan sewaktu-waktu bersiap melakukan pengetatan kembali jika diperlukan melalui skrining secara berkala," kata Wiku.

Selanjutnya :

SKB 4 Menteri Putuskan Sekolah Tatap Muka Terbatas Juli 2021

Topik Terkait :

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan