Sekolah Tatap Muka Terbatas Juli 2021, Pemerintah Lakukan 5 Tahapan

Pembukaan sekolah bukan berarti proses belajar mengajar dilakukan seperti sebelum pandemi.

Mutia Nugraheni
| 30 Maret 2021 14:03

Dream - Hari ini, 30 Maret 2021, pemerintah mengumumkan secara resmi sekolah akan kembali dibuka pada tahun ajaran baru Juli 2021. Keputusan tersebut dikeluarkan 4 Menteri, yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Tentang Panduan Penyelenggaraan di Masa Pandemi Covid-19.

Pembukaan sekolah bukan berarti proses belajar mengajar dilakukan seperti sebelum pandemi. Protokol kesehatan tetap wajib diberlakukan secara ketat, murid yang hadir di kelas kapasitasnya maksimal 50% dan para guru sebelumnya wajib menjalani vaksinasi Covid-19.

Belajar di sekolah juga dilakukan dengan rotasi kelompok dan bergantian, sehingga tak setiap hari ke sekolah. Sistem ini adalah Tatap Muka Terbatas dan bakal diterapkan pada tahun ajaran baru Juli 2021.

Sebelum pembukaan sektor dalam masa pandemi COVID-19, ada sejumlah tahapan yang harus dilakukan. Secara lebih rinci, tahapan terdiri dari 5 yaitu Pra Kondisi, Timing, Prioritas, Koordinasi Pusat - Daerah serta Monitoring dan Evaluasi. Untuk tahap pertama, Prakondisi secara sederhana dipahami sebagai adaptasi kebiasaan baru.

Pemerintah berusaha menjamin proses adaptasi berjalan dengan baik melalui sosialisasi dan fasilitasi sarana dan prasarana pendukung penerapan protokol kesehatan untuk memudahkan masyarakat.

Tahap kedua, Timing atau proses dalam menentukan waktu yang tepat. Proses ini mengacu pada data-data epidemiologi, kesiapan institusi pendidikan, dan ketersediaan fasilitas kesehatan.

" Sebelumnya di awal tahun 2021, hanya sebagian daerah yang dianggap siap dan diizinkan melakukan kegiatan tatap muka secara bertahap. Kemudian ditambah dengan instruksi Menteri Dalam Negeri terkait PPKM Mikro di 15 provinsi," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito beberapa waktu lalu dikutip dari Covid19.go.id.

 

Selanjutnya :

Skrining Berkala

Topik Terkait :

Nagita Positif hamil Anak Kedua

Jangan Lewatkan