Sekolah Tatap Muka, KPAI Minta Orangtua Siapkan Mental Anak

Persiapan harus dilakukan dengan matang.

Mutia Nugraheni
| 10 Juni 2021 10:05

Dream - Sederet persiapan dilakukan sekolah dan pemerintah untuk membuka sekolah pada tahun ajaran baru Juli 2021 mendatang. Terkait hal ini, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta para guru dan orangtuajadi contoh perubahan perilaku bagi anak apabila pembelajaran tatap muka secara terbatas dilaksanakan.

" Kami juga meminta agar orangtua disosialisasi juga. Bukan cuma warga sekolah walaupun yang utamanya warga sekolah," kata Komisioner KPAI Retno Listyarti beberapa hari lalu, dikutip dari Liputan6.com

Menurut Retno, orangtua juga harus dididik untuk mempersiapkan dan mengedukasi anak-anaknya apabila akan melaksanakan pembelajaran tatap muka secara terbatas.

" Jadi diajarkan kenapa mereka tidak boleh ini, tidak boleh itu, kenapa harus pakai masker," ujarnya.

Menurut Retno, melatih anak untuk tahan menggunakan masker bisa dilakukan secara bertahap. Selain itu, guru pun juga didorong untuk harus dilatih menjelaskan materi pelajaran tanpa membuka masker.

" Itu penting karena kalau gurunya buka di dagu, anaknya ikut di dagu. Itu terjadi di beberapa sekolah yang kami awasi," kata Retno.

 

 

Selanjutnya :

Siapkan Guru Bimbingan dan Konseling

Aliando Syahrief comeback

Jangan Lewatkan